PENGARUH PENGUASAAN DIKSI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG
Mamik Puji Hastuti , 1401412262 (2016) PENGARUH PENGUASAAN DIKSI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keterampilan berbicara seseorang, salah satunya adalah penguasaan diksi. Diksi merupakan pilihan kata yang tepat sesuai dengan situasi dan kondisi sehingga seseorang dapat mengungkapkan gagasan atau ide ke dalam bentuk kalimat. Dari hasil observasi yang dilakukan peneliti pada saat PPL di SDN Purwoyoso 03 Semarang, diketahui bahwa pada saat diberi tugas untuk berbicara, siswa masih kesulitan dalam mengungkapkan gagasannya karena penguasaan diksinya masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh penguasaan diksi terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Purwoyoso 03 Semarang. Lokasi penelitian berada di SDN Purwoyoso 03 Semarang. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN Purwoyoso 03 tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 120 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 55 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan untuk menentukan responden tiap kelas adalah dengan propotional random sampling dengan cara undian. Metode pengumpulan data yaitu dokumentasi dan angket. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif persentase, analisis regresi linier sederhana, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penguasaan diksi dan variabel terikatnya yaitu keterampilan berbicara. Dari hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji t dan koefisien determinasi, diketahui bahwa penguasaan diksi mempengaruhi keterampilan berbicara siswa sebanyak 87% dan sisanya sebanyak 13% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Hasil persamaan regresi didapat Y = 5,616 + 0,578x + e. Nilai koefisien regresi untuk penguasaan diksi adalah 0,578. Nilai koefisien tersebut bertanda positif yang berarti bahwa penguasaan diksi berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa dan setiap kenaikan satu satuan skor penguasaan diksi, maka akan diikuti dengan meningkatnya keterampilan berbicara sebesar 0,578. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penguasaan diksi berpengaruh positif terhadap keterampilan berbicara. Masih ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi keterampilan berbicara. Diharapkan ada penelitian yang mengkaji lebih dalam tentang faktor lain yang mempengaruhi keterampilan berbicara siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penguasaan diksi, keterampilan berbicara |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 18:25 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 18:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24332 |
Actions (login required)
View Item |