ANALISIS NILAI KARAKTER CERPEN DALAM BUKU BINA BAHASA DAN SASTRA INDONESIA KELAS V SDN TEGALSARI 01 SEMARANG


SHINTA LIESTIANAH, 1401412261 (2016) ANALISIS NILAI KARAKTER CERPEN DALAM BUKU BINA BAHASA DAN SASTRA INDONESIA KELAS V SDN TEGALSARI 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412261.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah apa sajakah nilai karakter dan berapakah persentase nilai karakter yang terkandung dalam cerpen anak pada buku “Bina Bahasa Dan Sastra Indonesia Kelas V”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai karakter dan prosentase nilai karakter yang terkandung dalam cerpen anak pada buku “Bina Bahasa Dan Sastra Indonesia Kelas V”. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam cerpen ini adalah semua cerpen yang ada dalam buku “Bina Bahasa Dan Sastra Indonesia Kelas V”. Sampel yang digunakan sebanyak 5 cerpen yang terdapat dalam buku “Bina Bahasa Dan Sastra Indonesia Kelas V”.Metode pengumpulan data menggunakan dengan teknik simak, catat, dan memakai kartu data. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan adalah triangulasi yang terdiri atas observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui bahwa dalam cerpen yang terdapat dalam buku “Bina Bahasa Dan Sastra Indonesia Kelas V” mengandung nilai-nilai karakter religius dengan persentase 5,6%, rasa ingin tahu dengan persentase 11,1%, kreatif dengan persentase 22,2%, demokratis dengan persentase 5,6%, kerja keras dengan persentase 16,7%, komunikatif dengan persentase 5,6%, peduli sosial dengan persentase 11,1%, tanggung jawab dengan persentase 5,6%, mandiri dengan persentase 5,6%, menghargai prestasi dengan persentase 5,6%, dan gemar membaca dengan persentase 5,6%. Simpulan penelitian ini adalah nilai karakter yang ditemukan sebanyak 11 nilai karakter. Saran yang diberikan adalah 1) Bagi guru atau orangtua dapat menjadikan cerpen sebagai alternatif pilihan dalam mendidik anak tentang nilai karakter, 2) Bagi siswa hendaknya dapat memilih karakter yang baik sehingga dapat diimplementasikan dalam kehidupan seharihari, 3) Bagi pihak sekolah sangat dianjurkan menambah koleksi cerpen di perpustakaan seperti majalah bobo dan buku kumpulan-kumpulan cerpen yang mengandung banyak nilai karakter.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku teks, cerpen, nilai karakter
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 17 Oct 2016 18:24
Last Modified: 17 Oct 2016 18:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24331

Actions (login required)

View Item View Item