KEEFEKTIFAN MODEL STAD BERBASIS TEORI VAN HIELE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS DIPONEGORO KABUPATEN PATI
SULFI MAGHFIROH , 1401412215 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL STAD BERBASIS TEORI VAN HIELE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS DIPONEGORO KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar Ulangan Akhir Semester mata pelajaran matematika siswa kelas V SDN Gugus Diponegoro kabupaten Pati belum optimal yang disebabkan belum berhasilnya kegiatan pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran yang inovatif sangat diperlukan untuk melibatkan partisipasi aktif siswa, sehingga pembelajaran menjadi efektif dan mencapai hasil yang optimal. Upaya untuk mengatasi hasil belajar matematika yang belum optimal adalah dengan penerapan model STAD berbasis teori Van Hiele. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah model STAD berbasis teori Van Hiele lebih efektif dibandingkan dengan model TPS pada pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk menguji keefektifan model STAD berbasis teori Van Hiele dibandingkan dengan model TPS pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dari 7 SDN di Gugus Diponegoro Kabupaten Pati yang berjumlah 173 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, siswa kelas V SDN Bogotanjung 02 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SDN Karaban 04 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Analisis hasil posttest menggunakan uji t dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,007 < 0,05. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar menggunakan model STAD berbasis teori Van Hiele dan hasil belajar menggunakan model TPS. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 79,8095 > 71,2593. Selain itu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas siswa dengan hasil belajar. Analisis menggunakan uji Product Moment diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dengan koefisien korelasi sebesar 0,961, menunjukkan keeratan hubungan termasuk dalam kategori sangat kuat. Simpulan hasil penelitian ini adalah model STAD berbasis teori Van Hiele lebih efektif dibandingkan dengan model TPS pada pembelajaran matematika. Peneliti menyarankan guru hendaknya membuat rancangan pembelajaran dengan matang, siswa jangan bersikap pasif, dan sekolah hendaknya dapat menyediakan fasilitas yang lengkap untuk mendukung terlaksananya kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keefektifan; Model STAD berbasis Teori Van Hiele; Pembelajaran Matematika; Hasil Belajar; Aktivitas Siswa |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 17:37 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 17:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24319 |
Actions (login required)
View Item |