PENGARUH PENGUASAAN DIKSI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI BARU PADA SISWA KELAS V SDN MANGKANG WETAN 02 SEMARANG


Maudy Hermitha , 1401412264 (2016) PENGARUH PENGUASAAN DIKSI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI BARU PADA SISWA KELAS V SDN MANGKANG WETAN 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412264.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis puisi seseorang dipengaruhi beberapa faktor, salah satu di antaranya adalah penguasaan diksi. Diksi merupakan pilihan kata yang tepat untuk mengungkapkan gagasan atau ide ke dalam bentuk kalimat. Dari hasil observasi diketahui bahwa nilai siswa pada tugas menulis puisi rendah. Diduga hal tersebut terjadi karena kurang tepatnya pemilihan kata dalam menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh penguasaan diksi terhadap keterampilan menulis puisi baru dan seberapa besar pengaruh penguasaan diksi terhadap keterampilan menulis puisi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Mangkang Wetan 02 Semarang sebanyak 50 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni teknik sampling jenuh dengan mengambil 50 sampel. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui dari perhitungan analisis regresi linier, penguasaan diksi secara signifikan mempengaruhi keterampilan menulis puisi baru dengan nilai signifikansi 0,017 < 0,05, t hitung 2,473. Koefisien determinasi sebesar 0,113 menunjukkan bahwa presentase kontribusi pengaruh variabel independen sebesar 11,3%. Simpulan dalam penelitian adalah penguasaan diksi berpengaruh positif terhadap keterampilan menulis puisi baru sebesar 11,3%. Peneliti menyarankan guru hendaknya memberikan perhatian khusus dalam kegiatan menulis serta penguasaan diksi siswa, sedangkan siswa disarankan meningkatkan keterampilan menulis puisi baru dengan menumbuhkan pemikiran bahwa menulis merupakan suatu kebutuhan berbahasa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Diksi, Keterampilan Menulis, Penguasaan, Puisi Baru
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 17 Oct 2016 12:44
Last Modified: 17 Oct 2016 12:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24310

Actions (login required)

View Item View Item