KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS RA KARTINI KECAMATAN TAYU KABUPATEN PATI
Ahmad Faisal Riza , 1401412242 (2016) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS RA KARTINI KECAMATAN TAYU KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan penelitian awal di SDN Sambiroto 02 dan SDN Tayuwetan 03, menunjukkan pembelajarannya belum bervariasi, masih berpusat pada guru sehingga memiliki ketuntasan klasikal <50%. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Apakah penggunaan model Quantum Teaching dalam pembelajaran IPS efektif terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Gugus RA Kartini Kecamatan Tayu Kabupaten Pati?; (2) Apakah penggunaan model Quantum Teaching efektif terhadap aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD Gugus RA Kartini Kecamatan Tayu Kabupaten Pati?. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui kefektifan penggunaan model Quantum Teaching dalam pembelajaran IPS terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Gugus RA Kartini Kecamatan Tayu Kabupaten Pati; (2) Untuk mengetahui keefektifan penggunaan model Quantum Teaching terhadap aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD Gugus RA Kartini Kecamatan Tayu Kabupaten Pati. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi-Experimental Research dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini terdiri dari 38 siswa. Penelitian ini adalah penelitian populasi. Sampel diambil dari subjek populasi terdiri 18 siswa kelas IV SDN Sambiroto 02 (kelompok kontrol) dan 20 siswa kelas IV SDN Tayuwetan 03 (kelompok eksperimen). Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa kelas eksperimen mencapai kriteria sangat baik sedangkan di kelas kontrol hanya sampai pada kriteria cukup. Rata-tata nilai posttest kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan kelompok kontrol. Mean posttest kelompok eksperimen 87,5 dan kelompok kontrol sebesar 77,2. Hal ini menunjukkan gain <g> kelompok eksperimen sebesar 0,78 (tinggi) sedangkan kelompok kontrol sebesar 0,63 (sedang). Hasil uji t menunjukkan nilai thitung (2,844) > ttabel (2,028) berarti bahwa model Quantum Teaching berpengaruh terhadap hasil belajar IPS dan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,007. Hasil tersebut memberikan kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching efektif dan signifikan terhadap aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD di Gugus RA Kartini Kecamatan Tayu Kabupaten Pati. Saran yang dapat disampaikan pada guru, hendaknya memilih metode maupun model yang mengaktifkan siswa sehingga pembelajaran dapat bersifat dua arah. Untuk siswa, hendaknya lebih menonjolkan diri agar pembelajaran dapat lebih bermakna. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai alternatif pemilihan model yang dapat mengaktikan siswa dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Quantum Teaching |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 12:09 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 12:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24300 |
Actions (login required)
View Item |