PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SD GUGUS DEWI KUNTHI KOTA SEMARANG


EKA ANJARWATI , 1401412209 (2016) PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SD GUGUS DEWI KUNTHI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412209.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berbahasa seseorang bergantung pada kuantitas dan kualitas kosakata yang dimiliki. Berdasrkan teori tersebut, peneliti ingin meneliti pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri Gugus Dewi Kunthi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Adapun rumusan masalah meliputi: (1) bagaimanakah penguasaan kosakata siswa SD Gugus Dewi Kunthi Kota Semarang ?; (2) bagaimanakah kemampuan membaca pemahaman siswa SD Gugus Dewi Kunthi Kota Semarang ?; dan (3) Apakah ada pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa SD Gugus Dewi Kunthi Kota Semarang ? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah yang telah dirumuskan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Gugus Dewi Kunthi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang yang berjumlah 225 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik proportional random sampling. Peneliti mengambil sampel sebanyak 40% dari jumlah siswa tiap sekolah, sehingga diperoleh sampel sebanyak 90 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes untuk mengetahui penguasaan kosakata dan kemampuan membaca pemahaman siswa. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penguasaan kosakata dan kemampuan membaca pemahaman siswa berada dalam ketegori sedang; (2) nilai R sebesar 0,719 yang artinya terdapat hubungan yang cukup antara penguasaan kosakata dan kemampuan membaca pemahaman; (3) besarnya koefisien determinasi (R2) adalah 0,518 yang menunjukkan bahwa persentase sumbangan variabel independen sebesar 51,8%. dan (4) nilai thitung sebesar 9,717 dan signifikansi 0,000. Karena nilai thitung > ttabel dan sig.<0,05 maka hipotesis yang diajukan diterima yaitu terdapat pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri Gugus Dewi Kunthi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Simpulan dari penelitian ini adalah penguasaan kosakata dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Gugus Dewi Kunthi Kota Semarang berada dalam kategori sedang, serta terdapat pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri Gugus Dewi Kunthi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang dengan persentase sebesar 51,8%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Membaca Pemahaman, Penguasaan Kosakata
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 17 Oct 2016 12:11
Last Modified: 17 Oct 2016 12:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24283

Actions (login required)

View Item View Item