HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS CAKRA KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG
Rose Andriyani Saputri , 1401412142 (2016) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS CAKRA KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan Kewarganegaraan dijadikan sebagai wadah dan instrumen untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasiona. Penelitian oleh ICCS, Indonesia berada pada peringkat ke 36 dari 38 negara mengenai rata-rata nasional untuk pengetahuan kewarganegaraan berdasarkan tahun masuk pertama sekolah. Observasi yang dilakukan peneliti di 4 SD Gugus Cakra Kecamatan Ngaliyan juga menunjukan bahwa rata-rata nilai ulangan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan masih rendah. Penelitian oleh Bambang Sumantri dengan judul “Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK PGRI 4 Ngawi Tahun Pelajaran 2009/2010”, dijabarkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yang pada dasarnya dapat dikategorikan menjadi dua kelompok, yaitu ekstern dan intern. Salah satu faktor intern adalah disiplin belajar. Berdasarkan uraian di atas, dapat diperkirakan ada hubungan antara disiplin belajar dan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas IV SD Negeri Gugus Cakra Kecamatan Ngaliyan. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian tentang “Hubungan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus Cakra Kecamatan Ngaliyan”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan disiplin belajar di sekolah dan di rumah terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini adalah penelitian jenis korelasional dengan jumlah sampel 79 siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Alat pengumpul data berupa kuesioner dan test soal, analisis data dengan teknik regresi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Disiplin belajar di sekolah memperoleh skor rata-rata 78,7 dengan kategori baik. 2) Disiplin belajar di rumah memperoleh skor rata-rata 79,72 dengan kategori baik. 3) Prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan pada penelitian ini diketahui bahwa 63,3% siswa dalam kategori baik. 4) Ada hubungan antara disiplin belajar di rumah dengan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan. 5) Ada hubungan antara disiplin belajar di sekolah dengan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan. 6) Ada hubungan antara disiplin belajar di rumah dan di sekolah dengan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan. Simpulan penelitian ini adalah ada hubungan antara disiplin belajar di rumah dan di sekolah dengan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas IV SD Negeri Gugus Cakra Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Belajar, disiplin, pendidikan kewarganegaraan, prestasi. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 12:07 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 12:07 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24273 |
Actions (login required)
View Item |