HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI DI KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG
JEANI NURDIANA SARI , 1401412170 (2016) HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI DI KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Salah satu proses belajar yang efektif adalah membaca. Kegiatan membaca harus didasari dengan minat baca. Minat merupakan faktor yang sangat penting dalam kegiatan belajar siswa yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: (1) adakah hubungan yang signifikan antara minat baca dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Mijen Kota Semarang?, (2) Seberapa besar persentase hubungan antara antara minat baca dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri di kecamatan Mijen Kota Semarang?. Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) untuk menguji hubungan yang signifikan antara minat baca dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Mijen Kota Semarang, (2) untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara minat baca dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri di kecamatan Mijen Kota Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Sampel penelitian yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus Dwija Harapan Mijen Semarang yang berjumlah 100 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner, dokumentasi, dan wawancara. Pengujian hipotesis menggunakan uji product moment dengan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan besarnya nilai korelasi minat baca dan hasil belajar IPS adalah 0,633 dengan tingkat korelasi kuat (rhitung 0,633 > rtabel 0,195). Hal tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara minat baca dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Mijen Kota Semarang. Besarnya persentase hubungan minat baca dan hasil belajar IPS yaitu 40,06%. Simpulan penelitian ini, yaitu (1) ada hubungan yang signifikan antara minat baca dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Mijen Kota Semarang, (2) Hubungan antara minat baca dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Mijen Kota Semarang sebesar 40,06%. Saran penelitian ini, bagi: (1) guru, hendaknya memberikan motivasi siswa untuk membiasakan diri dengan membaca, (2) siswa, hendaknya siswa menambah intensitas membaca dengan membuat jadwal kegiatan membaca.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, hubungan, IPS, minat baca |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 13 Oct 2016 12:05 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 12:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24251 |
Actions (login required)
View Item |