HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD DI KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG


Iwanina Hidanah , 1401412169 (2016) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD DI KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412169.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi data awal yaitu data dokumen, wawancara, dan catatan lapangan yang diperoleh peneliti, menunjukan bahwa dalam proses belajar mengajar di sekolah sering ditemukan siswa yang tidak dapat meraih hasil belajar yang setara dengan kemampuan intelegensinya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD di Kecamatan Gunungpati Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional untuk menguji hubungan antara dua variabel. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 101 siswa dengan jumlah sampel 84 siswa. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, angket/kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) sebagian besar subjek dalam penelitian ini memiliki tingkat kecerdasan emosional dalam kategori tinggi berjumlah 82 siswa atau sebesar 97,6%; 2) sebagian besar subjek dalam penelitian ini memiliki tingkat hasil belajar PKn dalam kategori sedang yaitu berjumlah 54 siswa atau sebesar 64,3%; 3) hasil analisis korelasi diperoleh Sig. (2-tailed) pada output corelations sebesar 0,000 yang menunjukkan ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD di Gugus Larasati Kecamatan Gunungpati Semarang serta perolehan koefisien korelasi 0,764 lebih besar dari rtabel 0,213; dengan interpretasi (tingkat hubungan) kuat.. Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD di Kecamatan Gunungpati Semarang. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini, diharapkan bagi siswa untuk selalu memiliki kecerdasan emosional yang tinggi dalam melakukan apapun, karena dengan kecerdasan emosional yang tinggi dapat menunjang tercapainya hasil belajar yang optimal. Disarankan kepada pihak sekolah terutama guru-guru dapat memahami karakteristik masing-masing siswa, sehingga dapat memberikan pengarahan secara tepat bagi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar PKn, Kecerdasan Emosional, Siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 13 Oct 2016 12:04
Last Modified: 13 Oct 2016 12:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24250

Actions (login required)

View Item View Item