KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN DI GUGUS IKAN LODAN KOTA SEMARANG


TURYATI, 1401412005 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN DI GUGUS IKAN LODAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412005.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA diarahkan untuk mencari tahu tentang alam secara sistematis melalui kegiatan penyelidikan atau pengamatan sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam. Namun Guru masih banyak yang mengajar secara teksbook dan kurang memanfaatkan sumber belajar secara maksimal, dan belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Hal ini membuat pembelajaran kurang menarik perhatian siswa, siswa kurang dilibatkan dalam berfikir secara kritis, dan akibatnya hasil belajar menjadi rendah dan jauh dari tujuan yang ingin dicapai. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah model Project Based Learning (PjBL) lebih efektif dibandingakan dengan model di kelas kontrol pada pembelajatan IPA kelas IV SDN di Gugus Ikan Lodan Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang? Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui keefektifan model Project Based Learning (PjBL) dengan model pada kelas kontrol terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN di Gugus Ikan Lodan Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah ekperimen semu dengan desain pretest postes nonequivalen control group Design. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN di Gugus Ikan Lodan Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang yang meliputi SDN Dadapsari, SDN Purwosari 01, SDN Purwosari 02, SDN Kuningan 02, dan SDN Kuningan 04. Sampel penelitian ini yaitu SDN Purwosari 02 dan SDN Kuningn 04, dan SDN Purwosari 01 sebagai kelas uji coba, dan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Hasil penelitian pada perhitungan nilai posttes dengan menggunakan Uji T dua pihak kanan pada taraf signifikan 5%, dk = 33+37-2=68 diperoleh nilai t(0,95)(68) = 2,00 sedangkan thitung = 3,22. Dengan demikian thitung (3,22) > ttabel (2,00) maka Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata hasil belajar IPA kelas IV SDN di Gugus Ikan lodan. Perolehan rata-rata nilai posttes pada kelas ekperimen sebesar 78,81. Sedangkan pada kelas kontrol sebesar 72,24. Simpulan penelitian yaitu model Project Based Learning (PjBL) lebih efektif dari model pada kelas kontrol terhadap hasil belajar IPA materi perubahan lingkungan fisik pada siswa kelas IV SDN di Gugus Ikan Lodan kecamatan semarang Utara.Saran penelitian adalah guru hendaknya menjadikan model ini sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang bisa diterapkan dikelas sesuai dengan topik dan konten pembelajaran tertentu yang releven dengan kondisi siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, model PjBL, hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Oct 2016 11:08
Last Modified: 12 Oct 2016 11:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24184

Actions (login required)

View Item View Item