KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN DI GUGUS IKAN LODAN KOTA SEMARANG
TURYATI, 1401412005 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN DI GUGUS IKAN LODAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran IPA diarahkan untuk mencari tahu tentang alam secara sistematis melalui kegiatan penyelidikan atau pengamatan sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam. Namun Guru masih banyak yang mengajar secara teksbook dan kurang memanfaatkan sumber belajar secara maksimal, dan belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Hal ini membuat pembelajaran kurang menarik perhatian siswa, siswa kurang dilibatkan dalam berfikir secara kritis, dan akibatnya hasil belajar menjadi rendah dan jauh dari tujuan yang ingin dicapai. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah model Project Based Learning (PjBL) lebih efektif dibandingakan dengan model di kelas kontrol pada pembelajatan IPA kelas IV SDN di Gugus Ikan Lodan Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang? Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui keefektifan model Project Based Learning (PjBL) dengan model pada kelas kontrol terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN di Gugus Ikan Lodan Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah ekperimen semu dengan desain pretest postes nonequivalen control group Design. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN di Gugus Ikan Lodan Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang yang meliputi SDN Dadapsari, SDN Purwosari 01, SDN Purwosari 02, SDN Kuningan 02, dan SDN Kuningan 04. Sampel penelitian ini yaitu SDN Purwosari 02 dan SDN Kuningn 04, dan SDN Purwosari 01 sebagai kelas uji coba, dan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Hasil penelitian pada perhitungan nilai posttes dengan menggunakan Uji T dua pihak kanan pada taraf signifikan 5%, dk = 33+37-2=68 diperoleh nilai t(0,95)(68) = 2,00 sedangkan thitung = 3,22. Dengan demikian thitung (3,22) > ttabel (2,00) maka Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata hasil belajar IPA kelas IV SDN di Gugus Ikan lodan. Perolehan rata-rata nilai posttes pada kelas ekperimen sebesar 78,81. Sedangkan pada kelas kontrol sebesar 72,24. Simpulan penelitian yaitu model Project Based Learning (PjBL) lebih efektif dari model pada kelas kontrol terhadap hasil belajar IPA materi perubahan lingkungan fisik pada siswa kelas IV SDN di Gugus Ikan Lodan kecamatan semarang Utara.Saran penelitian adalah guru hendaknya menjadikan model ini sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang bisa diterapkan dikelas sesuai dengan topik dan konten pembelajaran tertentu yang releven dengan kondisi siswa
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keefektifan, model PjBL, hasil belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 12 Oct 2016 11:08 |
Last Modified: | 12 Oct 2016 11:08 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24184 |
Actions (login required)
View Item |