PENGARUH PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER KELAS X MULTIMEDIA SMK PALEBON


Novi Handayani , 1102412016 (2016) PENGARUH PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER KELAS X MULTIMEDIA SMK PALEBON. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412016.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran adalah alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran dari guru ke peserta didik. Video merupakan media audiovisual yang menampilkan gerak serta berisi pesan berupa fakta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemanfaatan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran perakitan komputer kelas X Multimedia. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi eksperimental. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Lokasi penelitian ini adalah SMK Palebon Semarang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MM 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MM 2 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling purposive. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian ini yaitu nilai rata-rata pretest pada kelompok eksperimen 66,73 dan nilai posttest yaitu 90,31. Sedangkan pada kelompok kontrol nilai pretest 63,88 dan nilai posttest yaitu 88,16. Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil uji-t terhadap hasil pretest diperoleh ≤ (1,597≤2,052) pada α = 0,05 dengan dk=27, yang berarti tidak terdapat perbedaan maka kedua kelompok berasal dari kemampuan awal yang sama. Untuk pengujian hipotesis posttest diperoleh > (2,132>2,052) pada α = 0,05 dengan dk=27, yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sesuai dengan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pemanfaatan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran perakitan komputer kelas X Multimedia di SMK Palebon Semarang. Saran yang dapat dsampaikan berdasaran penelitian ini (1) guru dalam menjelaskan materi dengan menggunakan video pembelajaran lebih detail dan lebih jelas lagi setiap tahapannya, (2) siswa untuk memperhatikan guru saat materi pelajaran sedang dijelasan, memperhatikan video pembelajaran yang sedang ditayangkan dan mencatat materi pelajaran kemudian bertanya ketika belum jelas atau belum bisa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Video
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Oct 2016 11:08
Last Modified: 12 Oct 2016 11:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24173

Actions (login required)

View Item View Item