ANALISIS KETERJANGKAUAN LOKASI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI TERHADAP SEBARAN PEMUKIMAN DI KABUPATEN PATI


Youngki Ari Wibowo, 3211409001 (2015) ANALISIS KETERJANGKAUAN LOKASI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI TERHADAP SEBARAN PEMUKIMAN DI KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KETERJANGKAUAN LOKASI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI TERHADAP SEBARAN PEMUKIMAN DI KABUPATEN PATI]
Preview
PDF (ANALISIS KETERJANGKAUAN LOKASI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI TERHADAP SEBARAN PEMUKIMAN DI KABUPATEN PATI)
Download (898kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam perkembangan kota adalah munculnya pemukiman-pemukiman baru di daerah pinggiran kota yang tidak didukung dengan ketersediaan fasilitas sarana pendidikan SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterjangkauan lokasi SMP Negeri terhadap lokasi permukiman di Kabupaten Pati dan mengetahui kondisi pelayanan fasilitas pendidikan SMP Negeri eksisting berkaitan dengan penduduk usia SMP (13 – 15 tahun) di Kabupaten Pati. Obyek yang dikaji dalam penelitian ini adalah Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri yang terletak di Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan sampel populasi dengan jumlah 46 SMP Negeri eksisting. Metode analisis yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif dan analisis keruangan. Analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis distribusi frekuensi jumlah maupun luasan, sedangkan analisis keruangan digunakan untuk mengidentifikasi jangkauan pelayanan SMP Negeri di Kabupaten Pati. Berdasarkan hasil penelitian, Lokasi SMP Negeri yang termasuk dalam kategori sangat terjangkau antara lain adalah yang berlokasi di Wilayah Kecamatan Batangan, Gabus, Gunungwungkal, Juwana, Kayen, Pati, Tambakromo, Tayu, Trangkil, Wedarijaksa, dan Winong. Lokasi SMP Negeri di Kecamatan Cluwak merupakan SMP Negeri yang memiliki tingkat jangkauan paling rendah terhadap sebaran permukiman di Kecamatan Cluwak. Sebaran penduduk usia SMP (13 – 15 tahun) paling banyak terdapat di Kecamatan Pati dengan persentase sebesar 8,44%, sedangkan sebaran yang paling sedikit terdapat di Kecamatan Gunungwungkal dengan persentase sebesar 2,34%. hasil penelitian di Kabupaten Pati menunjukkan frekuensi wilayah di Kabupaten Pati yang memiliki angka kebutuhan SMP lebih dari 2 sebanyak 13 kecamatan atau 61,9%, sedangkan frekuensi wilayah yang memiliki angka kebutuhan SMP kurang dari 2 sebanyak 8 kecamatan atau 38,1%. Artinya secara keseluruhan kondisi pelayanan pendidikan SMP Negeri di Kabupaten Pati dalam keadaan tidak baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian yang telah dilakukan ada beberapa saran dihasilkan yaitu Perlu adanya penambahan SMP Negeri baru di Kecamatan Cluwak untuk meningkatkan sarana fasilitas pendidikan yang kurang memadai di wilayah tersebut. Upaya tersebut merupakan satu-satunya cara agar pelayanan pendidikan di Kabupaten Pati menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: jangkauan, sebaran SMP, pelayanan SMP Negeri
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography
G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: handoyo eko perpus
Date Deposited: 11 Oct 2016 12:12
Last Modified: 11 Oct 2016 12:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24159

Actions (login required)

View Item View Item