PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL ARIAS BERBANTUAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS IVA SDN 01 WATES SEMARANG
Wahyu Aditya Manunggal , 1401411465 (2016) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL ARIAS BERBANTUAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS IVA SDN 01 WATES SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
IPA tidak hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Selama ini hasil pendidikan hanya tampak dari kemampuan menghafal fakta, konsep, teori atau hukum. Walaupun banyak anak yang mampu menunjukan tingkat pengetahuan yang cukup baik tapi pada kenyataannya, mereka seringkali tidak memahami secara mendalam substansi materi yang dipelajari. Berdasarkan hasil observasi di kelas IVA SDN 01 Wates Semarang, ditemukan bahwa hasil belajar IPA masih belum mencapai pemahaman yang baik. Diketahui pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Tema Selalu Berhemat Energi pada KI 3, KD 3.4, hanya 10 siswa (27,78%) yang dapat mencapai KKM >63/2,66 atau di atas KKM, sedangkan sisanya 26 siswa (72,22%) belum mencapai KKM atau di bawah KKM ≤63/2,66 dari total 36 siswa. Peneliti menemukan beberapa kendala atau masalah yang dihadapi antara lain: guru belum mengembangkan inovasi penyampaian pembelajaran yang optimal dengan menggunakan media. Siswa cenderung gaduh dan kurang fokus pada pembelajaran, kurang memiliki rasa percaya diri serta kurang memiliki motivasi dalam mengikuti proses pembelajaran. Siswa kesulitan dalam menemukan inti substansi materi yang dipelajari. Dalam hal ini siswa belum mampu mengembangkan keingintahuannya karena kurangnya stimulus yang diberikan guru dalam memulai pembelajaran. Upaya mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model ARIAS berbantuan media video pembelajaran. Masalah penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa Kelas IVA SD Negeri 01 Wates Kota Semarang. Penelitian ini untuk (1) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran IPA KD 9.2, 10.1, dan 11,1 di kelas IV SD melalui model ARIAS berbantuan media video. (2) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA KD 9.2, 10.1, dan 11,1 di kelas IV SD melalui model ARIAS berbantuan media video. (3) Mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA KD 9.2, 10.1, dan 11,1 di kelas IV A SD Negeri 01 Wates Semarang melalui model ARIAS berbantuan media video. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas yang meliputi 3 siklus dengan tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi pada tiap siklusnya. Data penelitian diambil melalui tes dan nontes. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, angket dan dokumen foto. Selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa dan guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 21 (65,625%) dengan kategori baik, siklus II skor 26 (81,25%) dengan kategori baik, siklus III skor 29 (90,625%) dengan kategori sangat baik. (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 30,55 (63,657%) dengan kategori baik, siklus II skor 32,72 (68,171%) dengan kategori baik, dan siklus III dengan skor 35,53 (73,843%) dengan kategori baik. (3) Ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif siklus I sebesar 50%, siklus II sebesar 61,11%, dan siklus III sebesar 86,11%. Ketuntasan hasil belajar afektif siklus I sebesar 625, siklus II sebesar 653 dengan kategori baik, dan siklus III sebesar 674 dengan kategori baik. Ketuntasan hasil belajar psikomotorik siklus I sebesar 504 dengan ketegori cukup, siklus II sebesar 588 dengan kategori baik dan siklus III sebesar 625 dengan kategori baik. Kesimpulan peneletian ini, bahwa model ARIAS dapat meningkatkan proses pembelajaran, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ARIAS, IPA, SD, video. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 11 Oct 2016 11:32 |
Last Modified: | 11 Oct 2016 11:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24152 |
Actions (login required)
View Item |