PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS MELALUI MODEL COMPLETE AND CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS IV-B SDN WONOSARI 02 SEMARANG


ANIS ROJBILATUL FADILAH , 1401411203 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS MELALUI MODEL COMPLETE AND CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS IV-B SDN WONOSARI 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401411203.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang termasuk dalam empat keterampilan berbahasa. Sesuai KD bahasa Indonesia menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll.) termasuk dalam materi pelajaran bahasa Indonesia kelas IV semester II. Hasil refleksi dan wawancara dengan guru menunjukkan bahwa siswa belum berani ikut berpatisipasi aktif dalam pembelajaran dan dari 39 siswa hanya 2 siswa yang dapat menulis karangan deskripsi menggunakan ejaan huruf kapital. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diterapkanlah model complete and concept sentence (CCS) berbantuan media flashcard pada pembelajaran keterampilan menulis. Adapun tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan menulis deskripsi melalui model CCS berbantuan media flashcard pada siswa kelas IV-B SD Negeri Wonosari 02 Semarang. Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Tahapan tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV-B SD Negeri Wonosari 02 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan deskriprif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) aktivitas siswa mencapai kategori sangat aktif dan dinyatakan berhasil; (2) keterampilan menulis deskripsi menggunakan ejaan huruf kapital pada siklus I mencapai ketuntasan klasikal 60 % dan siklus II meningkat menjadi 82%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model CCS berbantuan media flashcard dapat meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan menulis deskripsi menggunakaan ejaan huruf kapital pada siswa kelas IV-B SD Negeri Wonosari 02 Semarang. Saran untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi menggunakan ejaan huruf kapital yaitu sebaiknya siswa diberikan media yang dapat membuat siswa fokus dan tertarik untuk membuat karangan deskripsi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CCS; deskripsi; flashcar;, kapital; menulis.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Oct 2016 11:28
Last Modified: 11 Oct 2016 11:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24149

Actions (login required)

View Item View Item