HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 9 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Arrafi Desi Pambudi , 1301411111 (2016) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 9 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional dan perkembangan sosial siswa, serta untuk mengetahui bagaimana hubungan antara keduanya. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 9 Purworejo tahun ajaran 2015/2016 pada tanggal 15 oktober – 16 oktober 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif korelasional. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu kecerdasan emosional siswa dan variable terikatnya yaitu perkembangan sosial. Populasi dalam penelitian meliputi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Purworejo sebanyak 192 siswa. Sampel penelitian sebanyak 48 siswa yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala psikologi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan emosional siswa sebesar 41,34% dengan criteria rendah dan tingkat perkembangan sosial siswa sebesar 42,02% dengan criteria rendah. Dari hasil uji korelasi diperoleh rhitung sebesar 0,527 dan rtabel sebesar 0,284 (N=48). Karena nilai rhitung > rtabel sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Koefisien korelasi sebesar 0,527 jika dikonversikan termasuk dalam interval 0,40 sampai dengan 0,60 dan termasuk dalam kategori agak rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan perkembangan sosial siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Saran bagi Sekolah SMP N 09 Purworejo, untuk memahami kemampuan perkembangan peserta didik dengan baik, sehingga perkembangan sosial dan kecerdasan emosional siswa dapat ditingkatkan dengan optimal, Bagi Guru BK di SMP Negeri 09 Purworejo, untuk lebih membimbing siswa dengan pendekatan yang ada di dalam bimbingan dan konseling. Hal ini disesuaikan dengan Perkembangan emosional serta perkembangan sosial siswa perlu ditingkatkan ke arah yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hubungan; Kecerdasan Emosional; PerkembanganSosial |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 11 Oct 2016 11:27 |
Last Modified: | 11 Oct 2016 11:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24144 |
Actions (login required)
View Item |