FAKTOR DETERMINAN KESULITAN BEAJAR PADA SISWA SMK YPI REMBANG TAHUN AJARAN 2015/2016


Bondan Sawung Pambudi , 1301411054 (2016) FAKTOR DETERMINAN KESULITAN BEAJAR PADA SISWA SMK YPI REMBANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301411054.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di SMK YPI Rembang yaitu terdapat banyak siswa yang sulit dalam menerima pelajaran atau mengalami kesulitan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan belajar pada siswa SMK YPI Rembang, (2) Untuk mengetahui faktor yang paling dominan yang mempengaruhi kesulitan belajar pada siswa SMK YPI Rembang. Manfaat penelitian ini menambah pengalaman dan wawasan tentang faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar pada siswa SMK YPI Rembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMK YPI Rembang tahun ajaran 2015/2016, dan sebagai sampelnya adalah 32 siswa SMK YPI Rembang dengan siswa kelas X, XI dan XII. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dengan metode cluster sampling. Metode dan alat pengumpulan data dengan menggunakan skala kesulitan belajar. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar pada siswa SMK YPI Rembang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar terdiri dari faktor psikologis, fisiologis, keluarga, sekolah dan masyarakat. Didapat hasil sebesar: Faktor psikologis berpengaruh sebesar 45% termasuk dalam kategori sedang, faktor fisiologis berpengaruh sebesar 60% termasuk dalam kategori tinggi, faktor keluarga sebesar 63% termasuk dalam kategori tinggi, faktor sekolah sebesar 68% termasuk dalam kategori tinggi, dan faktor masyarakat sebesar 81% termasuk dalam kategori sangat tinggi. Dengan demikian, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar pada siswa SMK YPI Rembang tahun ajaran 2015/2016. Simpulan dari penelitian ini adalah faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi kesulitan belajar pada siswa SMK YPI Rembang tahun ajaran 2015/2016 adalah faktor masyarakat dengan persentase sebesar 81%. Saran bagi guru BK diharapkan agar bisa memberi layanan bimbingan dan konseling belajar dengan baik untuk mengatasi kesulitan belajar pada siswa SMK YPI Rembang

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kesulitan belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Oct 2016 12:10
Last Modified: 10 Oct 2016 12:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24121

Actions (login required)

View Item View Item