PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF PADA SISWA KELAS VIII SMP N 13 SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016


Purwaningsih Sukoco , 1301411030 (2016) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF PADA SISWA KELAS VIII SMP N 13 SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301411030.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas 8 SMP Negeri 13 Semarang yang menunjukkan tingkat hasil belajar kognitif siswa rendah. Rumusan masalah yaitu Apakah layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif pada siswa kelas VIII SMP N 13 Semarang. Manfaat penelitian ini memperkaya kajian tentang pengaruh hasil belajar kognitif melalui layanan bimbingan kelompok. Jenis Penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Subyek penelitian adalah kelas 8. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologis hasil belajar kognitif. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif presentase dan uji hipotesis (wilcoxon). Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh terhadap hasil belajar kognitif. Rata-rata hasil belajar kognitif sebelum diberi perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok berada pada kriteria sedang (66,90%). Setelah diberi perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok, rata-rata hasil belajar kognitif masuk dalam kategori tinggi (73,08%). Hasil uji wilcoxon menunjukkan bahwa diketahui thitung = 120 dan ttabel = 25, arti Ho penelitian ditolak dan Ha diterima, jadi nilai thitung > ttabel. Dengan demikian, hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Semarang dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok. Simpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar kognitif sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok masuk dalam kategori sedang karena siswa belum memahami indikator-indikator hasil belajar, hasil belajar kognitif siswa setelah diberikan informasi masuk dalam kategori tinggi dan ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa. Bagi guru bk agar memanfaatkan layanan bimbingan kelompok dengan cara melaksanakan bimbingan kelompok sesuai dengan kebutuhan siswa untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Bagi peneliti lain yang tertarik untuk memperkuat penelitian ini, agar dapat melakukan penelitian dengan tema yang berbeda. Dapat pula digunakan sebagai acuan penelitian lanjutan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar kognitif, layanan bimbingan kelompok.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 07 Oct 2016 11:50
Last Modified: 07 Oct 2016 11:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24113

Actions (login required)

View Item View Item