Latar Belakang Perilaku Nakal Siswa Kelas XI SMK Islam Soedirman Ungaran Tahun Ajaran 2008/2009.


Fitia Istantina, 1301404011 (2009) Latar Belakang Perilaku Nakal Siswa Kelas XI SMK Islam Soedirman Ungaran Tahun Ajaran 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Latar Belakang Perilaku Nakal Siswa Kelas XI SMK Islam Soedirman Ungaran Tahun Ajaran 2008/2009.]
Preview
PDF (Latar Belakang Perilaku Nakal Siswa Kelas XI SMK Islam Soedirman Ungaran Tahun Ajaran 2008/2009.) - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Remaja dalam melalui proses perkembangannya tidak semua dapat berhasil. Perkembangan remaja dapat berhasil dengan baik, apabila didukung oleh banyak hal yaitu faktor eksternal maupun faktor internal. Tidak sedikit remaja yang mengalami kegagalan dalam mencapai tugas perkembangan remaja yaitu adanya perilaku nakal pada siswa. Faktor penyebabnya dari faktor internal dan faktor eksternal (keluaraga, sekolah dan masyarakat). Permasalahan adalah (1) faktor internal apa yang melatarbelakangi perilaku nakal siswa dan (2) faktor eksternal apa yang meletarbelakangi perilaku nakal siswa pada siswa kelas XI di SMK Islam Soedirman Ungaran tahun ajaran 2008/2009. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin memperoleh data empiris mengenai faktor internal dan eksternal latar belakang perilaku nakal siswa kelas XI SMK Islam Soedirman Ungaran tahun ajaran 2008/2009. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, sehingga peneliti berusaha menggambarkan secara sistematis, akurat dan objektif atas hasil penelitian mengenai latar belakang perilaku nakal. Variabel dalam penelitian adalah perilaku nakal siswa SMK Islam Soedirman Ungaran terutama dilihat dari faktor individu, keluarga, sekolah dan masyarakat. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI SMK Islam Soedirman Ungaran tahun ajaran 2008/2009. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling, ditunjuk 182 siswa-siswi yang ambil mengunakan tabel Krejcie dari siswa yang berjumlah 334, dan tersebar di 10 kelas Teknik Otomotif, Teknik Industri dan Teknik Listrik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologis latar belakang perilaku nakal dan angket latar belakang perilaku nakal. Berdasarkan analisis per indikator dari faktor internal yang dominan mempengaruhi perilaku nakal siswa adalah gangguan emosional 68,07%, konflik batin 66,46%, krisis identitas 65,93%, dan reaksi frustasi negatif 62,82%. Sedangkan dari analisis per indikator faktor eksternal yang dominan mempengaruhi perilaku nakal siswa dari lingkungan keluarga yaitu kondisi ekonomi keluarga 68,18%. Faktor lingkungan sekolah yaitu hubungan guru dan siswa 60,96%, dan faktor lingkungan masyarakat yaitu kondisi masyarakat tempat tinggal 64,19%. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif prosentase.Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahawa bahwa faktor yang melatar belakangi perilaku nakal siswa yaitu faktor internal (individu) 65,85%, faktor eksternal lingkungan keluarga 64,14%, faktor eksternal lingkungan sekolah 62,7%, dan faktor eksternal ingkungan masyarakat 62,72%. Berdasarkan kesimpulan diatas disarankan pada pihak orangtua, masyarakat dan sekolah untuk melakukan kontrol sosial, terutama dalam perilaku siswa, serta aktif pihak sekolah untuk mempertahankan disiplin dan kontrol yang ketat terhadap siswanya agar mendukung perilaku yang positif, remaja mampu bersikap selektif terhadap stimulasi yang muncul.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Latar Belakang Perilaku Nakal
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 May 2011 01:34
Last Modified: 25 Apr 2015 04:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2411

Actions (login required)

View Item View Item