PENYELENGGARAAN PROGRAM KURSUS MUSIK (STUDI PADA LKP LILY’S MUSIC SCHOOL SEMARANG)
Indah Dwi Astorini , 1201412034 (2016) PENYELENGGARAAN PROGRAM KURSUS MUSIK (STUDI PADA LKP LILY’S MUSIC SCHOOL SEMARANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Indonesia dihadapkan pada pergerakan tenaga kerja akibat pasar bebas, dimana barang dan jasa menjadi produk utama dalam perdagangan. Untuk itu perlu menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak terlepas dari keindahan musik. Musik banyak disukai kalangan masyarakat. Banyaknya kontes musik yang mucul di masyarakat membuktikan musik memiliki tempat di hati masyarakat Indonesia. Pendidikan sebagai suatu sistem memiliki komponen-komponen pendidikan yaitu masukan, proses, maupun keluaran. Pengelolaan suatu program tidak terlepas dari trisula aktivitas, antara lain (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, dan (c) evaluasi. Pendidikan yang bermutu tidak dapat dipisahkan dari komponen sistem pendidikan yang ada. Tujuan penelitian mendeskripsikan penyelenggaraan program kursus musik LKP Lily’s Music School Semarang. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Subjek penelitian adalah 5 tutor/instruktur, 1 warga belajar, pemilik, dan kepala administrasi. Fokus penelitian adalah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program kursus musik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi data. Analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKP Lily’s Music School Semarang menyelenggarakan tujuh program kursus musik, yang terdiri dari: kursus musik piano, drum, keyboard, electone, biola, vokal, dan gitar. Ketujuh program dikelola berdasarkan trisula aktivitas, meliputi: 1) Perencanaan. Tutor ahli di bidangnya, diterima melalui tahap rekruitmen. Kurikulum dibuat sendiri, disesuaikan dengan perkembangan zaman. Sarana dan prasarana memadai. Anggaran dana dikelola dan dilaporkan secara ordonator; 2) Pelaksanaan. Pembelajaran fleksibel dan sistematis. Iklim pembelajaran kondusif. Interaksi sosial berlangsung baik. Media pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan. Stimulus berupa reward and punishment. Monitoring dilakukan oleh pimpinan secara internal dan eksternal. Supervisi belum terealisasi. Faktor pendukung SDM professional, peralatan terkini, dan motivasi untuk warga belajar tinggi. Faktor penghambatnya yaitu kegiatan tidak terlaksana sesuai rencana akibat adanya perubahan yang tidak direncanakan dan mendidik anak berkebutuhan khusus; 3) Evaluasi. Dilaksanakan secara berkala dengan menggunakan formative-sumative evaluation model. Disimpulkan secara umum penyelenggaraan program kursus musik di LKP Lily’s Music School berjalan baik mulai perencanaan sampai evaluasi program. Saran yang penulis usulkan adalah pelaksanaan supervisi untuk para tutor/instruktur agar terbentuk SDM yang profesional.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan, kursus musik, dan penyelenggaraan program |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1 M Music and Books on Music > M Music |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 06 Oct 2016 13:06 |
Last Modified: | 06 Oct 2016 13:06 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24079 |
Actions (login required)
View Item |