PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL PRAKTIK PEMANGKASAN RAMBUT DASAR DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Indri Andriani, 5402411017 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL PRAKTIK PEMANGKASAN RAMBUT DASAR DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL PRAKTIK PEMANGKASAN RAMBUT DASAR DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL PRAKTIK PEMANGKASAN RAMBUT DASAR DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu indikator tercapainya tujuan pembelajaran yang baik adalah hasil belajar yang diperoleh selama proses pembelajaran. Pada penelitian ini dipilih mata kuliah pemangkasan dasar rambut dikarenakan masih belum memahami teknik dan langkah pemangkasan dengan baik dan mahasiswa pasif dalam proses pembelajaran dengan metode demonstrasi dan media power point. Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) validitas media video, 2) perbedaan penggunaan media video terhadap hasil praktik pemangkasan dasar rambut Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui metode observasi, metode tes unjuk kerja dan metode dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi tata kecantikan angkatan 2014 yang mengikuti mata kuliah pemangkasan dasar rambut tahun 2015 di Universitas Negeri Semarang sebesar 47. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh sejumlah 47 mahasiswa. Analisis menggunakan uji t. Hasil validasi dengan ahli materi, ahli media dan ahli teknologi pendidikan menunjukkan bahwa media video yang digunakan dalam penelitian ini dalam kriteria sangat valid digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran dengan jumlah kelayakan ≥ 61% dan jumlah rata-rata kelayakan 82-100%. Hasil analisis data yang diperoleh yaitu pengaruh media video terhadap hasil praktik pemangkasan dasar rambut di Universitas Negeri Semarang diketahui ada pengaruh yang signifikan karena Dengan tingkat kepercayaan = 95% atau () = 0,05 banyaknya sampel pada kelompok yang diberi video = 47 dan banyaknya sampel pada kelompok yang tidak diberi video = 42 diperoleh Ttabel= 5,106. Ho diterima apabila Ttabel ≤ Thitung≤ Ttabel Ho ditolak apabila Thitung > Ttabel. Hasil perhitungan uji T diperoleh nilai Thitung = 5,106 dengan sig = 0,000 jadi Ho ditolak. Terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa antara mahasiswa yang diberi pembelajaran dengan media video. Simpulan dalam penelitian ini 1) hasil validasi dari para ahli menunjukan media video yang digunakan untuk pembelajaran pada mata kuliah pemangkasan dasar rambut termasuk dalam kategori sangat valid untuk digunakan 2) Ada perbedaan penggunaan media video terhadap hasil praktik pemangkasan dasar rambut. Sarannya adalah Dosen dalam proses pembelajaran praktik dapat menerapkan media berupa media video untuk meningkatkan hasil pemangkasan dasar rambut mahasiswa, tetapi tidak menutup kemungkinan dosen untuk mengembangkan media pembelajaran yang lain dengan bantuan multimedia. Perlu ada penelitian lanjut untuk subjek penelitian yang lebih besar sehingga simpulan penelitian dapat berlaku untuk lingkup yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media video, praktik pemangkasan rambut dasar
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY4 Tata Kecantikan S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Kecantikan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2016 14:58
Last Modified: 04 Oct 2016 14:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24031

Actions (login required)

View Item View Item