Studi Deskriptif Tentang Penyesuaian Diri Siswa Baru Kelas VII SMP Negeri 37 Semarang Tahun Pelajaran 2008/2009 Setelah Mengikuti Masa Orientasi Siswa (MOS)


Fitri Yuliani, 1550402076 (2009) Studi Deskriptif Tentang Penyesuaian Diri Siswa Baru Kelas VII SMP Negeri 37 Semarang Tahun Pelajaran 2008/2009 Setelah Mengikuti Masa Orientasi Siswa (MOS). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Studi Deskriptif Tentang Penyesuaian Diri Siswa Baru Kelas VII SMP Negeri 37 Semarang Tahun Pelajaran 2008/2009 Setelah Mengikuti Masa Orientasi Siswa (MOS)]
Preview
PDF (Studi Deskriptif Tentang Penyesuaian Diri Siswa Baru Kelas VII SMP Negeri 37 Semarang Tahun Pelajaran 2008/2009 Setelah Mengikuti Masa Orientasi Siswa (MOS)) - Published Version
Download (11MB) | Preview

Abstract

Penyesuaian diri adalah suatu proses pencapaian keharmonisan untuk mengadakan hubungan yang memuaskan dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan dalam dirinya dan merasakan ketenangan dalam menjalin hubungan dengan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penyesuaian diri siswa baru kelas VII setelah mengikuti Masa Orientasi Siswa (MOS). Dalam proses pendidikan di sekolah, siswa sebagai subjek didik merupakan pribadi-pribadi yang unik harus dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan. Sebelum memasuki ajaran baru, perlu adanya suatu orientasi yang disebut dengan MOS. MOS, kependekan dari Masa Orientasi Siswa adalah suatu masa dimana siswa baru diberi kesempatan untuk menyesuaikan diri dalam lingkungan sekolah yang baru. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa baru kelas VII SMP Negeri 37 Semarang sejumlah 240 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling yaitu sejumlah 60 siswa. Variabel penelitian adalah penyesuaian diri. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan skala. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha. Metode analisis data yang digunakan adalah korelasi teknik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penyesuaian diri siswa termasuk dalam kategori tinggi, hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang masuk dalam kategori tersebut sebanyak 50,00% sampai 83,33% dengan rincian sebagai berikut : aspek penampilan dengan tingkat prosentase 83,33%; aspek kemampuan berpikir dengan tingkat prosentase 51,67%; aspek sikap, sifat, dan perasaan dengan tingkat prosentase 55,00%; aspek pribadi dengan tingkat prosentase 50,00%; dan aspek pemurah dengan tingkat prosentase 58,33%. Berdasarkan hasil penelitian, diajukan saran sebagai berikut : (1) Bagi pihak sekolah, supaya lebih meningkatkan hal-hal yang dapat menjadikan siswa dapat menyesuaikan dengan lingkungan di sekolah, (2) Bagi guru, hendaknya lebih menciptakan suasana yang menyenangkan pada saat Masa Orientasi Siswa (MOS), dan (3) Bagi siswa, hendaknya selalu menerapkan materi-materi yang diajarkan pada saat Masa Orientasi Siswa (MOS) dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah yang berhubungan dengan penyesuaian situasi kelas, teman, guru dan karyawan, kurikulum, dan penyesuaian dengan peraturan sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian Diri, Masa Orientasi Siswa (MOS).
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 May 2011 03:18
Last Modified: 25 Apr 2015 04:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2403

Actions (login required)

View Item View Item