IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 GODONG
Muhammad Syaiful Anwar , 1102411025 (2016) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 GODONG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 GODONG)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kegiatan pembelajaran di dalam kurikulum 2013 bertujuan untuk melatih siswa agar lebih aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Tidak hanya memiliki pengetahuan yang baik akan tetapi juga harus diimbangi dengan sikap dan keterampilan yang baik pula. Untuk itu peran guru sangatlah penting dalam implementasi kurikulum 2013. Penelitian ini mengungkapkan (1) Bagaimana implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran sejarah dalam menerapkan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Godong (2) Apa kendala-kendala yang dihadapi dalam implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Godong (3) Apa upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Godong. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Lokasi di dalam penelitian ini berada di SMA Negeri 1 Godong. Informan dalam penelitian ini adalah guru sejarah, waka kurikulum, dan beberapa siswa kelas XII IPS 4. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi partisipasif, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pembelajaran sejarah dalam penerapan kurikulum 2013 di kelas sudah menerapkan metode saintific, namun guru sering menggunakan metode diskusi. Hal ini mampu membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Kendala yang dihadapi guru adalah kurangnya buku pegangan yang di berikan oleh pemerintah sehingga dikelas-kelas tertentu buku tersebut sangat minim dan bahkan tidak ada. Upaya yang dilakukan sekolah yaitu mengharuskan guru mengikuti pelatihan dan sosialisasi kurikulum 2013 secara berkelanjutan. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Sosialisasi kurikulum 2013 perlu dilaksanakan secara berkelanjutan sehingga memiliki pengetahuan tentang kurikulum 2013 dan nantinya bisa menerima kurikulum 2013 dengan positif, (2) Guru sejarah diharapkan mampu menerapkan pendekatan saintific secara maksimal, (3) Sarana prasarana dalam menunjang penerapan kurikulum haruslah dilengkapi, misalnya buku pegangan siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Kurikulum 2013 |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 04 Oct 2016 12:48 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 12:48 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24017 |
Actions (login required)
View Item |