PENGEMBANGAN MEDIA BUKU PINTAR ELEKTRONIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA SD KELAS 4 TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN KURIKULUM 2013


Ali Haidar , 1102411024 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU PINTAR ELEKTRONIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA SD KELAS 4 TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA BUKU PINTAR ELEKTRONIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA SD KELAS 4 TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN KURIKULUM 2013]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA BUKU PINTAR ELEKTRONIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA SD KELAS 4 TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN KURIKULUM 2013) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Tema indahnya kebersamaan merupakan pembelajaran yang bersifat abstrak karena tidak mampu melihat secara langsung. Pada Pelaksanaan pembelajaran tema indahnya kebersamaan dikelas IV SD 1 Jatikulon Kudus ada 5 guru yang masih menggunakan metode pembelajaran pasif dengan metode ceramah dan 10 guru menggunakan media pembelajaran powerpoint sederhana. Permasalahan dalam peneilitian ini adalah Buku Pintar Elektronik seperti apa yang efektif untuk membelajarkan Tema Indahnya Kebersamaan, bagaimana kelayakan BPE yang dikembangkan untuk membelajarkan Tema Indahnya Kebersamaan, dan bagaimana keefektifan BPE yang dilakukan dalam pembelajaran Tema Indahnya kebersamaan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Buku Pintar Elektronik seperti apa yang efektif dan praktis untuk membelajarkan tema Indahnya Kebersamaan, untuk menguji kelayakan Buku Pintar Elektronik, dan untuk mengetahui keefektifan Buku Pintar Elektronik yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Research and Development. Adapaun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 1 Jatikulon Kudus. Sampel penelitian berisi 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan media buku pintar elektronik efektif dilihat dari hasil Pretest sebesar 66,2% dan hasil Posttest setelah penerapan media 80,3% ada peningkatan hasil belajar siswa. Untuk uji kelayakan media BPE dari ahli media mendapat 72,2% dan ahli materi 71,1% dengan kategori baik dan layak dierapkan dala pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pengembangan Buku Pintar Elektronik sangat efektif diterapkan dalam pembelajaran Tema Indahnya Kebersamaan. Saran dari penelitian ini hendaknya sekolah membuat program peningkatan kompetensi guru dalam bidang TIK, Mengikutsertakan guru dalam pelatihan berbasis pengembangan teknologi dalam pembelajaran sehingga guru dapat meningkatkan motivasi dalam mengembangkan inovasi media pembelajaran yang menarik untuk siswa dan tentunya Sekolah mendukung dalam hal sarana dan prasarana yang berbasis teknologi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Kelayakan, Keefektifan, Buku Pintar Elektronik, Indahnya Kebersamaan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Oct 2016 12:49
Last Modified: 04 Oct 2016 12:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24016

Actions (login required)

View Item View Item