PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI AP MAPEL KOMPETENSI KEJURUAN KD MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI DI SMK N 2 BLORA TAHUN AJARAN 2015/2016
Puji Dwi Lestari , 7101411274 (2016) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI AP MAPEL KOMPETENSI KEJURUAN KD MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI DI SMK N 2 BLORA TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (40kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (189kB) | Preview |
Abstract
Motivasi belajar merupakan syarat mutlak untuk belajar, juga memegang peranan penting dalam memberikan gairah untuk mencapai hasil yang baik tetapi mengandung usaha untuk mencapai tujuan belajar, dimana terdapat pemahaman dan pengembangan dari belajar. Dengan motivasi belajar, setiap siswa memotivasi dirinya untuk belajar bukan hanya untuk mengetahui tetapi lebih kepada memahami pembelajaran tersebut. Dalam mengarahkan motivasi belajar, faktor yang akan diteliti dalam penelitian ini yaitu lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP SMK N Blora sejumlah 96 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah lingkungan keluarga (X1), lingkungan sekolah (X2), dan motivasi belajar siswa (Y). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, angket, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif persentase dan analisis regresi linier berganda. Hasil Hasil penelitian dengan menggunakan SPSS menunjukkan bahwa analisis linier berganda diperoleh persamaan Y = 0,754+ 0,524 X1 + 0,557 X2+ e. Ada pengaruh secara simultan sebesar 67,4%, sedangkan pengaruh secara parsial lingkungan keluarga 20,25% dan lingkungan sekolah 22,7%. (uji F T, determinasi simultan) Kesimpulan dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan dan positif antara lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa baik secara simultan maupun parsial. Saran untuk penelitian ini, bagi orang tua harus lebih tegas, pihak sekolah harus lebih tegas dalam menjalankan pelaksanaan tata tertib, dan siswa harus lebih mandiri dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar Siswa, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Students’ Motivation, Family Environment, Environmental School |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Users 22799 not found. |
Date Deposited: | 03 Oct 2016 17:58 |
Last Modified: | 03 Oct 2016 17:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23909 |
Actions (login required)
View Item |