PENGARUH TATA TERTIB, TEMAN SEBAYA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS XII JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK GATRA PRAJA PEKALONGAN


Bagus Priyono , 7101411058 (2016) PENGARUH TATA TERTIB, TEMAN SEBAYA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS XII JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK GATRA PRAJA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101411058_(1).pdf]
Preview
PDF
Download (319kB) | Preview

Abstract

Disiplin belajar merupakan hal yang penting dalam proses belajar mengajar disekolah. Seorang siswa dalam perkembangannya perlu memiliki sikap disiplin untuk terbiasa patuh dan mempertinggi daya kendali diri. Permasalahan dalam penelitian ini diketahui bahwa masih adanya pelanggaran disiplin oleh siswa selama berada di sekolah seperti disiplin datang dan pulang sekolah tanpa keterangan selama kegiatan belajar di SMK Gatra Praja Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh tata tertib, teman sebaya dan minat belajar terhadap kedisiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Gatra Praja Pekalongan sebanyak 83 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, jadi semua populasi dijadikan responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda diperoleh Y = 1,395 + 0,767X1 + 0,443X2 + 0,709X3 + e. Hasil uji parsial diperoleh t hitung dari variabel X1 sebesar 3,715 dengan signifikansi 0,000, X2 sebesar 2,540 dengan signifikansi 0,013 dan X3 sebesar 5,153 dengan signifikansi 0,000. Masing-masing signifikansi < 0,05 maka dapat diartikan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara masing-masing variabel X1, X2, dan X3 terhadap Y. Hasil uji simultan F hitung sebesar 57,854 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 maka dapat diartikan ada pengaruh secara bersama-sama antara tata tertib, teman sebaya dan minat belajar terhadap kedisiplinan siswa kelas XII jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Gatra Praja Pekalongan. Simpulan dalam penelitian ini bahwa secara parsial dan simultan tata tertib, teman sebaya dan minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kedisiplinan siswa. Saran dari penelitian ini adalah agar ketegasan dari semua komponen yang ada disekolah, baik kepala sekolah, guru, siswa dan karyawan menerapkan apa yang ada di dalam tata tertib. Guru hendaknya selain mengawasi setiap kegiatan pembelajaran juga memberlakukan peraturan dengan sanksi yang tegas terhadap setiap siswa yang tidak mau bekerja sama dalam mengerjakan tugas kelompok, seperti pemberian poin sebagai pertimbangan dalam memberikan nilai. Siswa hendaknya lebih bisa menerima kritikan dan pendapat dari teman untuk menghidari pertentangan yang terjadi akibat perbedaan pendapat. Minat belajar siswa harus lebih ditingkatkan dengan memberikan dorongan dan motivasi dalam diri siswa, misalnya dengan model pembelajaran yang inovatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tata Tertib, Teman Sebaya, Minat Belajar, Kedisiplinan Siswa, Standing Orders, Classmates, Interest in Learning, Student Discipline
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2016 18:00
Last Modified: 03 Oct 2016 18:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23858

Actions (login required)

View Item View Item