IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA N 1 REMBANG TAHUN AJARAN 2014/2015
Eko Sutarman , 3101411142 (2015) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA N 1 REMBANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (783kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan pembelajaran di dalam Kurikulum 2013 bertujuan untuk melatih siswa agar lebih aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Tidak hanya Memiliki pengetahuan yang baik akan tetapi juga harus diimbangi dengan sikap dan keterampilan yang baik pula. Untuk itu peran guru sangatlah penting dalam implementasi Kurikulum 2013. Penelitian ini mengungkap (1) Bagaimana persepsi guru sejarah di SMA N 1 Rembang terhadap kurikulum 2013, (2) Bagaimana implementasi guru sejarah dalam menerapkan kurikulum 2013 di kelas X di SMA N 1 Rembang, (3) Apa kendala-kendala yang dihadapi oleh guru sejarah dalam penerapan kurikulum 2013 di kelas X di SMA N 1 Rembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Lokasi di dalam penelitian ini berada di SMA N 1 Rembang. Informan dalam penelitian ini adalah guru sejarah kelas X, Waka Kurikulum, dan juga beberapa siswa kelas X peminatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilkukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi masing-masing guru terntang kurikulum 2013 di SMA N 1 Rembang masih ada yang pro dan kontra, hal ini berkaitan dengan mapel yang mereka ampu. Implementasi guru sejarah dalam menerapkan kurikulum 2013 di kelas sudah menerpakan metode saintific, namun guru lebih sering menggunakan metode diskusi. Guru sejarah juga memanfaatkan fasilitas sekolah berupa LCD (Luqid Crystal Display) dan laboratorium IPS. Hal ini mampu membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Kendala yang dihadapi guru adalah ketiadaan buku pegangan sejarah peminatan dari pemerintah, sarana prasarana sekolah yang masih perlu perbaikan, sosialisasi dan pelatihan mengenai kurikulum 2013 secara berkelanjutan. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Sosialisasi kurikulum 2013 perlu dilaksanakan secara berkelanjuta sehingga guru memiliki pengetahuan tentang kurikulum 2013 dan nantinya bisa menerima kurkulum 2013 dengan positif, (2) Guru sejarah diharapkan mampu menerpakan pendekatan saintific secara maksimal, (3) Sarana prasarana dalam menunjang penerapan kurikulum haruslah dilengkapi, misalnya buku pegangan siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum 2013, Pembelajaran Sejarah |
Subjects: | D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1 |
Depositing User: | handoyo eko perpus |
Date Deposited: | 23 Sep 2016 10:19 |
Last Modified: | 23 Sep 2016 10:19 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23830 |
Actions (login required)
View Item |