PENGEMBANGAN PERMAINAN ULAR TANGGA (SNAKES AND LADDERS GAME) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI DI SMA NEGERI 1 DEMAK PADA MATERI PERANG MELAWAN KESERAKAHAN KONGSI DAGANG TAHUN AJARAN 2014/2015


Nadlifatun Nuronniyah , 3101411102 (2015) PENGEMBANGAN PERMAINAN ULAR TANGGA (SNAKES AND LADDERS GAME) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI DI SMA NEGERI 1 DEMAK PADA MATERI PERANG MELAWAN KESERAKAHAN KONGSI DAGANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101411102b.pdf]
Preview
PDF
Download (771kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah perlunya dikembangkan media pembelajaran karena perlunya media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakteristik peserta didik sehingga dapat memotivasi untuk belajar, seperti menggunakan permainan.Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengembangkan permainan ular tangga (snakes and ladders game) sebagai media pembelajaranpada materi perang melawan keserakahan kongsi dagang,(2) Mengetahui efektivitas permainan ular tangga (snakes and ladders game) sebagai media pembelajaranpada materi perang melawan keserakahan kongsi dagang pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Demak. Penelitian ini menggunakan RnD (Research and Development) adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk.Untuk dapat menghasilkan produk tertentu digunakan penelitian yang bersifat analisis kebutuhan, dan untuk menguji keefektifan produk tersebut supaya dapat bermanfaat dalam dunia pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga materi perang melawan keserakahan kongsi dagang ini termasuk kriteria sangat layak dengan persentase 81,25 % pada validasi tahap I dan 86,67% pada validasi II. Penerapan media pembelajaran permainan ular tangga mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik Aktivitas peserta didik dalam pembelajaran menggunakan media permaian ular tangga ini, masuk dalam kriteria sangat aktif yaitu 85 %. Sedangkan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan g= 0,71 dengan kategori tinggi. Selain itu, analisis tanggapan peserta didik mengenai media pembelajaran permainan ular tangga sejarah ini membawa pengaruh positif, karena pembelajaran sejarah menjadi lebih aktif (94,6%), kreatif (97,7%), menarik (94,6%), mudah memahami materi (93,1%), dan memotivasi peserta didik (95,4%). Simpulan penelitian adalah (1) Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga pada materi perang melawan keserakahan kongsi dagang ini sangat layak sebagai media pembelajaran sejarah menurut ahli media dan materi, serta Guru Sejarah, (2) Penerapan media pembelajaran permainan ular tangga pada materi perang melawan keserakahan kongsi dagang efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Selain itu, analisis tanggapaan peserta didik mengenai media pembelajaran permainan ular tangga sejarah ini membawa pengaruh positif, karena pembelajaran sejarah menjadi lebih aktif, kreatif, menarik, mudah memahami materi, dan memotivasi peserta didik. ix Berdasarkan simpulan diatas peneliti mengajukan saran sebagai berikut: (1) Guru sebaiknya mengingatkan dan memastikan peserta didik sudah membaca dan memahami petunjuk media pembelajaran agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan lancar dan peserta didik tidak ada yang masih bingung dalam teknisnya, (2) Persiapan yang matang dan pengelolaan waktu yang baik sangat diperlukan dalam penerapan media permainan ular tangga materi perang melawan keserakahan kongsi dagang ini, agar pembelajaran selesai tepat pada waktunya dan semua kartu pertanyaan bisa terselesaikan, (3) Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga direkomendasikan dikembangkan untuk materi lain dengan variasi soal sesuai dengan perkembangan pengetahuan yang ada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Permainan Ular Tangga, dan Kelas XI
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: handoyo eko perpus
Date Deposited: 06 Sep 2016 18:09
Last Modified: 06 Sep 2016 18:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23729

Actions (login required)

View Item View Item