PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA OBJEK LANGSUNG SISWA KELAS V SD NEGERI BANDARJO 01 UNGARAN TAHUN AJARAN 2008/2009
Wenti Nuraeni , 2101405646 (2009) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA OBJEK LANGSUNG SISWA KELAS V SD NEGERI BANDARJO 01 UNGARAN TAHUN AJARAN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA OBJEK LANGSUNG SISWA KELAS V SD NEGERI BANDARJO 01 UNGARAN TAHUN AJARAN 2008/2009)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Menulis puisi merupakan salah satu keterampilan berbahasa. Keterampilan menulis pada dasarnya adalah keterampilan dalam merangkum/menyusun katakata sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh. Tetapi pada kenyataan di sekolah, siswa kurang kreatif dalam menulis, terutama menulis puisi. Salah satu bentuk tulisan kreatif adalah puisi. Alasan siswa kurang terampil menulis puisi salah satunya adalah media pembelajaran menulis puisi yang monoton atau kurang menarik. Siswa hanya disuruh menulis puisi tanpa adanya dorongan dari guru dan media/teknik yang tidak menarik. Hal ini merupakan salah satu penyebab pembelajaran tidak maksimal, dan tujuan pembelajaran kurang berhasil. Oleh karena itu masalah tersebut perlu diatasi dengan menggunakan media objek langsung. Cara ini akan mendorong siswa untuk terampil menulis puisi, melatih siswa untuk belajar aktif dan kreatif, serta memadukan antara teori dengan praktik. Media ini memungkinkan dapat membuat suasana pembelajaran yang menarik dan meningkatkan keterampilan menulis puisi. Berdasarkan paparan di atas, penelitian ini mengangkat permasalahan, yaitu bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis puisi kelas V SD Negeri Bandarjo 01 Ungaran setelah mengikuti pembelajaran dengan media objek langsung dan bagaimankah perubahan perilaku belajar menulis puisi siswa kelas V SD Negeri Bandarjo 01 Ungaran setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan media objek langsung. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri Bandarjo 01 Ungaran dengan media objek langsung setelah mengikuti tes menulis puisi dengan media objek langsung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas V SD Negeri Bandarjo 01 Ungaran. Tiap-tiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan non tes. Alat pengambilan data nontes yang digunakan berupa pedoman observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Analisis data yang digunakan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk menganalisis data kuantitatif yang berupa nilai siswa. Pendekatan kualitatif digunakan untuk menganalisis dan mendeskripsikan data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan jurnal Berdasarkan analisis data penelitian keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V SD Negeri Bandarjo 01 Ungaran, hasil nilai pratindakan, siklus I, dan siklus II mengalami peningkatan. Sebelum dilakukannya tindakan nilai rata-rata kelas menulis puisi sebesar 61,97dengan kategori cukup. Pada siklus I terrjadi peningkatan sebesar 12,11% dengan nilai rat-rata 74,08 dengan kategori cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 7.72% dengan nilai rata-rata 81,80 atau masuk dalam kategori baik. Peningkatan nilai rata-rata kelas ini diikuti dengan peningkatan rata-rata skor pada tiap aspek penilaian. Pada aspek kesesuaian isi dengan tema, skor rata-rata pada pratindakan sebesar 21,35 dengan kategori baik, pada siklus I sebesar 21,52 dengan kategori sangat baik, dan pada siklus II sebesar 22,83 dan masuk kategori sangat baik. Rata-rata klasikal pada aspek penggunaan diksi pada pratindakan sebesar 15,12 atau masuk kategori cukup, pada siklus I sebesar 15,38 termasuk kategori baik, dan pada siklus II sebesar 17,27 juga termasuk kategori baik. Pada aspek penggunaan rima, skor rata-rata pada pratindakan sebesar 11,10 termasuk kategori baik. Pada siklus I sebesar 11,19 dengan kategori baik, dan pada siklus II sebesar 13,11 juga termasuk kategori baik. Rata-rata skor pada aspek penggunaan majas pada pratindakan sebesar 8,35 dengan kateghori cukup, pada siklus I sebesar 8,55 dengan kategori cukup, dan pada siklus II sebesar 11,66 dengan kategori baik. Pada aspek penggunaan kata konkret, skor rata-rata pada pratindakan 6,05 dengan kategori baik, siklus I sebesar 6,25 dengan kategori baik dan pada siklus II sebesar 7,36 dengan kategori baik. Peningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa ini diikuti dengan perubahan perilaku belajar yang positif dari perilaku belajar yang negatif sebelumnya pada siklus I dan siklus II ini siswa semakin aktif dan kreatif dalam pembelajaran, karena siswa mulai senang, dan tertarik dan menikmati pembelajaran menulis puisi dengan media objek langsung. Saran yang dapat disampaikan adalah: 1) guru bahasa Indonesia menggunakan cara mengajar yang mampu mendorong siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran bahasa Indonesia, yaitu terampil menulis kreatif tercapai, 2) jika akan menggunakan media objek langsung dalam pembelajaran menulis puuisi, guru hendakanya memberikan penjelasan materi yang mendalam mengenai penggunaan rima dan penguasaan kosakata yang berhubungan dengan diksi, 3) para peneliti hendaknya menggunakan skripsi ini sebagai referensi jika akan melakukan penelitian yang berhubungan dengan skripsi ini.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan menulis puisi, pendekatan kontekstual, media objek langsung. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 12 May 2011 04:09 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:47 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2366 |
Actions (login required)
View Item |