PENGGUNAAN STRATEGI BELAJAR PQ4R ( PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW ) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 POKOK BAHASAN PENDUDUKAN MILITER JEPANG DI INDONESIA SMA NEGERI 1 GRINGSING TAHUN AJARAN 2008/2009


Irwan Hartanto , 3101405026 (2009) PENGGUNAAN STRATEGI BELAJAR PQ4R ( PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW ) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 POKOK BAHASAN PENDUDUKAN MILITER JEPANG DI INDONESIA SMA NEGERI 1 GRINGSING TAHUN AJARAN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4593.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of PENGGUNAAN STRATEGI BELAJAR PQ4R ( PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW ) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 POKOK BAHASAN PENDUDUKAN MILITER JEPANG DI INDONESIA SMA NEGERI 1 GRINGSING TAHUN AJARAN]
Preview
PDF (PENGGUNAAN STRATEGI BELAJAR PQ4R ( PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW ) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 POKOK BAHASAN PENDUDUKAN MILITER JEPANG DI INDONESIA SMA NEGERI 1 GRINGSING TAHUN AJARAN) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar merupakan impian setiap manusia yang sedang dalam tahap belajar. Prestasi belajar dapat berjalan dengan baik jika didukung oleh beberapa faktor diantaranya pemahaman materi. Untuk dapat mengetahui peningkatan hasil belajaar siswa terhadap pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Gringsing maka diperlukan penelitian lebih lanjut. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah penggunaan strategi belajar PQ4R dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran sejarah kelas XI.IPS 1 SMA Negeri 1 Gringsing dengan menggunakan Strategi belajar PQ4R. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaaan strategi belajar PQ4R?. Serta untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kelas XI.IPS 1 SMA Negeri 1 Gringsing setelah penggunakan strategi belajar PQ4R tahun ajaran 2008/2009?. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI. IPS 1 SMA Negeri 1 Gringsing tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 40 siswa. Ada dua variabel yang dikaji dalam penelitian ini adalah penggunaan strategi belajar PQ4R dalam pembelajaran sejarah dan hasil belajar siswa dalam pelajaran sejarah. Data yang diambil melalui observasi, test, daftar pertanyaan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis Diskriptif Presentase. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang kegiatanya terdiri dari 2 siklus. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merancang, melaksanakan, dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Sedangkan, strategi pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini menggunakan strategi belajar PQ4R. Strategi belajar PQ4R merupakan salah satu strategi belajar dimana guru membantu siswa mengingat apa yang mereka baca, dimana dalam pembelajaran tersebut terdiri dari langkah-langkah antara lain preview (membaca selintas dengan cepat), question (bertanya), read (membaca), reflect (refleksi), recite (tanya jawab sendiri), review (mengulang secara menyeluruh). Keunggulan strategi belajar PQ4R yaitu 1. tepat digunakan untuk pengajaran pengetahuan yang bersifat deklaratif berupa konsep-konsep, definisi, kaidah-kaidah, dan pengetahuan penerapan dalam kehidupan sehari-hari, 2. Dapat membantu siswa yang daya ingatannya lemah untuk menghapal konsep-konsep pelajaran, 3. Mampu membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan proses bertanya dan mengomunikasikan pengetahuannya, 4. Dapat menjangkau materi pelajaran dalam cakupan yang luas..Selain itu strategi PQ4R juga mempunyai kelemahan yakni 1. Tidak tepat diterapkan pada pengajaran pengetahuan yang bersifat prosedural seperti pengetahuan keterampilan, 2. Sangat sulit dilaksanakan jika sarana seperti buku siswa (buku paket) tidak tersedia di sekolah, 3. Tidak efektif dilaksanakan pada kelas dengan jumlah siswa yang telalu besar karena bimbingan guru tidak maksimal terutama dalam merumuskan pertanyaan. Sebelum melaksanakan tindakan, peneliti melakukan uji soal untuk mendapatkan reliabilitas dan validitas soal tes. Berdasarkan hasil perhitungan reabilitas diketahui bahwa pada soal siklus 1 a = 5% dengan n =20 diperoleh r tabel = 0.444 Karena r11 > rtabel, maka dapat disimpulkan bahwa instrumen tersebut reliabel.Untuk validitas soal hasil uji validitas diketahui terdapat 5 soal yang tidak valid pada siklus 1 yaitu soal nomor, 5,11,15,18 dan 22 sedangkan pada soal uji validitas pada siklus 2 terdapat 5 butir soal yang tidak valid yaitu soal nomor 2,9,12,18 dan 21 selebihnya valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan, sebesar 65 pada siklus I dengan ketuntasan belajar mencapai 50 %, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan sebesar 80,5 dengan ketuntasan belajar mencapai 87,5 %, dibandingkan sebelum diadakan penelitian sebesar 59 dengan ketuntasan belajar mencapai 20 %. Berdasarkan hasil penelitian diketahui pembelajaran dengan penggunakan strategi belajar PQ4R perlu dilaksanakan dalam pembelajaran dikelas, karena strategi belajar tersebut dapat meningkatkan pemahaman materi dan hasil belajar siswa. Selain itu, strategi belajar ini merupakan salah satu tipe strategi elaboratif karena dalam pembelajaran tersebut terjadi proses penambahan rincian dari informasi baru sehingga lebih bermakna. Secara umum proses pembelajaran sejarah dengan menerapkan strategi belajar PQ4R dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selaian itu penerapan strategi PQ4R bisa meningkatkan minat membaca dan keberaian siswa dalam bertanya terhadap materi yang belum mereka mengerti. Penerapan strategi belajar PQ4R mendapatkan tanggapan yang positif dari siswa, karena penggunaan strategi belajar PQ4R termasuk baru bagi siswa dan terbukti efektif serta dapat diterapkan siswa disekolah atau dirumah dalam berbagai pelajaran apapun.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Sejarah, Strategi Belajar PQ4R
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 12 May 2011 02:19
Last Modified: 25 Apr 2015 04:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2362

Actions (login required)

View Item View Item