PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN PENDEKATAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN TEKNIK TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 2 TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN


Febriana Intan Permatasari, 2101408064 (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN PENDEKATAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN TEKNIK TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 2 TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101408064.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis puisi merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa SMP. Keterampilan menulis puisi siswa SMP Negeri 2 Tawangharjo Kabupaten Grobogan kelas VII C belum dikatakan baik secara keseluruhan. Hal ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang masih menggunakan metode klasikal yaitu metode ceramah sehingga terkesan menjenuhkan, kurangnya penggunaan pendekatan, teknik, dan media pembelajaran yang menarik bagi siswa, dan kurangnya motivasi siswa dalam menulis puisi karena adanya anggapan siswa mengenai pembelajaran menulis puisi yang sulit. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Tawangharjo Kabupaten Grobogan dapat menggunakan pendekatan kooperatif team assisted individualization dan teknik tutor sebaya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana proses pembelajaran keterampilan menulis puisi siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Tawangharjo dengan menggunakan pendekatan kooperatif team assisted individualization dengan teknik tutor sebaya; (2) bagaimana peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Tawangharjo setelah dilakukan pembelajaran menulis puisi menggunakan pendekatan kooperatif team assisted individualization dengan teknik tutor sebaya; (3) bagaimana perubahan perilaku belajar siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Tawangharjo dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi pada saat dilakukan pembelajaran keterampilan menulis puisi menggunakan pendekatan kooperatif team assisted individualization dengan teknik tutor sebaya. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan proses pembelajaran menulis puisi siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Tawangharjo setelah dilakukan pembelajaran menulis puisi menggunakan pendekatan kooperatif team assisted individualization dengan teknik tutor sebaya; (2) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan pendekatan kooperatif team assisted individualization dengan teknik tutor sebaya pada siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Tawangharjo; (3) mendeskripsikan perubahan perilaku belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi setelah dilakukan pembelajaran menulis puisi menggunakan pendekatan kooperatif team assisted individualization dengan teknik tutor sebaya pada siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Tawangharjo.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis puisi, pendekatan kooperatif team assisted individualization, teknik tutor sebaya
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2016 18:11
Last Modified: 22 Aug 2016 18:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23602

Actions (login required)

View Item View Item