PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARASI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PERTANYAAN TERBIMBING MELALUI MEDIA FILM PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 2 KANDEMAN KABUPATEN BATANG


Siti Mulasih, 2101408063 (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARASI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PERTANYAAN TERBIMBING MELALUI MEDIA FILM PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 2 KANDEMAN KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101408063.pdf]
Preview
PDF
Download (9MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis paragraf narasi merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa SMP. Keterampilan menulis paragraf narasi siswa SMP Negeri 2 Kandeman Kabupaten Batang kelas VII belum dikatakan baik secara keseluruhan. Hal ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang masih menggunakan metode klasikal yaitu metode ceramah sehingga terkesan menjenuhkan, kurangnya penggunaan pendekatan, teknik, dan media pembelajaran yang menarik bagi siswa, dan kurangnya motivasi siswa dalam menulis paragraf narasi karena adanya anggapan siswa mengenai pembelajaran menulis paragraf narasi yang sulit. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf terutama paragraf narasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kandeman Kabupaten Batang dapat menggunakan teknik pertanyaan terbimbing melalui media film. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana proses pembelajaran keterampilan menulis paragraf narasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kandeman dengan menggunakan teknik pertanyaan terbimbing melalui media film; (2) bagaimana peningkatan keterampilan menulis paragraf narasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kandeman setelah dilakukan pembelajaran menulis paragraf narasi dengan menggunakan teknik pertanyaan terbimbing melalui media film; (3) bagaimana perubahan perilaku belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kandeman dalam mengikuti pembelajaran menulis paragraf narasi pada saat dilakukan pembelajaran keterampilan menulis paragraf narasi dengan menggunakan teknik pertanyaan terbimbing melalui media film. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan proses pembelajaran menulis paragraf narasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kandeman setelah dilakukan pembelajaran menulis paragraf narasi dengan menggunakan teknik pertanyaan terbimbing melalui media film; (2) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis paragraf narasi dengan menggunakan teknik pertanyaan terbimbing melalui media film pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kandeman; (3) mendeskripsikan perubahan perilaku belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis paragraf narasi setelah dilakukan pembelajaran menulis paragraf narasi dengan menggunakan teknik pertanyaan terbimbing melalui media film pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kandeman. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian adalah keterampilan menulis paragraf narasi siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Kandeman Kabupaten Batang. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil tes keterampilan menulis paragraf narasi siswa. Hasil nontes berupa hasil observasi, jurnal, wawancara, da dokumentasi foto. Teknik pengambilan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik kuantitatif untuk hasil tes menulis paragraf narasi dan hasil nontes menggunakan teknik kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas pada siklus I mencapai 67,27 atau dalam kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 78,87 atau dalam kategori baik. Pada siklus I dan siklus II meningkat 11,6 atau sebesar 17,24%. Peningkatan keterampilan menulis paragraf narasi ini juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa dari perilaku negatif ke perilaku positif. Pada siklus II kondisi kelas sudah dapat dikendalikan dan lebih kondusif, siswa yang kurang termotivasi lebih bersemangat dalam pembelajaran menulis paragraf narasi pada siklus II dan tampak serius, aktif, mandiri, percaya diri, serta antusias mengikuti pembelajaran menulis paragraf narasi. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis paragraf narasi dengan menggunakan teknik pertanyaan terbimbing melalui media film telah dilaksanakan dengan baik sehingga dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf narasi siswa kelas VII SMP 2 Kandeman Kabupaten Batang dan mengubah perilaku siswa ke arah positif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada guru mata pelajaran Bahasa Indonesia hendaknya lebih kreatif dalam memilih teknik pembelajaran yang tepat, salah satunya adalah menggunakan teknik pertanyaan terbimbing melalui media film sebagai alternatif dalam mempermudah proses belajar khususnya pembelajaran. Bagi siswa disarankan untuk selalu berlatih menulis dan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Bagi peneliti lain hendaknya melakukan penelitian lebih lanjut mengenai keterampilan menulis paragraf narasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis paragraf narasi, teknik pertanyaan terbimbing, media film
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2016 18:11
Last Modified: 22 Aug 2016 18:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23601

Actions (login required)

View Item View Item