PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMA “TEMPAT TINGGALKU” MELALUI MODEL SAVI DENGAN METODE PERMAINAN PADA SISWA KELAS IVB SD LABSCHOOL UNNES
Ribka Rahayu, 1401410394 (2014) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMA “TEMPAT TINGGALKU” MELALUI MODEL SAVI DENGAN METODE PERMAINAN PADA SISWA KELAS IVB SD LABSCHOOL UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (10MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas IVB SD Labschool Unnes, ditemukan permasalahan pembelajaran bahwa guru belum menerapkan strategi belajar yang inovatif, variatif dan mengotimalkan potensi siswa, siswa kurang aktif dalam pembelajaran, hasil belajar khususnya muatan pelajaran IPA rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, hasil belajar muatan pelajaran IPA dalam pembelajaran tema “Tempat Tinggalku” melalui model SAVI dengan metode permainan pada siswa kelas IVB SD Labschool Unnes? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, hasil belajar muatan pelajaran IPA dalam pembelajaran tema “Tempat Tinggalku” melalui model SAVI dengan metode Permainan pada siswa kelas IVB SD Labschool Unnes. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam 2 siklus, dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVB SD Labschool Unnes. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan guru pada siklus I mendapat skor 20,5 dengan kriteria baik meningkat pada siklus II dengan skor 29,5 dengan kriteria sangat baik, (2) aktivitas siswa pada siklus I mendapat skor 14,41 dengan kriteria baik meningkat pada siklus II dengan skor 21,03 dengan kriteria sangat baik, (3) hasil belajar siswa muatan pelajaran IPA untuk ranah sikap yaitu sikap spiritual mendapat 6,96 dengan kriteria baik pada siklus I kemudian meningkat menjadi 10,38 dengan kriteria sangat baik pada siklus II, dan sikap sosial mendapatkan 7,43 dengan kriteria baik pada siklus I kemudian meningkat menjadi 10,55 dengan kriteria sangat baik pada siklus II, ketuntasan belajar klasikal ranah pengetahuan pada siklus I sebesar 54,17% meningkat menjadi 85,71% pada siklus II, sedangkan pada ranah keterampilan pada siklus I sebesar 33,33% meningkat menjadi 90,48% pada siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model SAVI dengan metode permainan meningkatkan kualitas pembelajaran meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA dalam pembelajaran tema “Tempat Tinggalku” pada siswa kelas IVB SD Labschool Unnes. Saran dari penelitian ini adalah model SAVI dengan metode permainan dapat dijadikan alternative model pembelajaran dalam kurikulum 2013 dengan mengembangkan metode dan keterampilan mengajar, permainan, materi, serta media yang digunakan pada pembelajaran dan dalam muatan pelajaran apapun.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas pembelajaran, model SAVI, metode permainan |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 22799 not found. |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 18:15 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 18:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23562 |
Actions (login required)
View Item |