MOTIVASI ORANG TUA MENITIPKAN ANAKNYA DI TEMPAT PENGASUHAN ANAK (TPA) SEKAR NAGARI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Nailil Muna, 1201410007 (2014) MOTIVASI ORANG TUA MENITIPKAN ANAKNYA DI TEMPAT PENGASUHAN ANAK (TPA) SEKAR NAGARI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201410007.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar motivasi orang tua menitipkan anaknya di tempat pengasuhan anak Sekar Nagari Universitas Negeri Semarang dan apa saja faktor pendukung serta penghambat dari motivasi instrinsik dan ekstrinsik yang dapat memotivasi orang tua menitipkan anaknya di Taman Pengasuhan Anak Sekar Nagari Universitas Negeri Semarang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara deskripsi apa yang menjadikan motivasi orang tua menitipkan anaknya di tempat pengasuhan anak Sekar Nagari Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, obervasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah 14 orang, terdiri dari 12 orangtua, 1 kepala sekolah dan 1 pengasuh tempat pengasuhan anak Sekar Nagari. Teknik keabsahan data: triangulasi sumber dan metode teknik penganalisisan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi : (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) penyajian data; (4) penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat dua faktor motivasi orang tua menitipkan anaknya di tempat pengasuhan anak sekar nagari yaitu faktor instrinsik dan ekstrinsik. Motivasi orang tua menitipkan anaknya sangat tinggi karena harus bekerja untuk memenuhi kebutuhannya. Bekerja bagi orang tua adalah sebagai upaya untuk meningkatkan aktualisadi diri. (2) faktor pendukung, antara lain : (a) faktor letak TPA Sekar Nagari yang stategis; (b) biaya murah, (c) model pembelajaran; (c) model pengasuhan; (alat peraga permainan; (e) penghasilan orang tua (d) adanya program pembelajaran keagamaan. Faktor penghambat, (a) Ruangan tempat pembelajaran yang masih kurang luas; (b) kesibukan orang tua bekerja sehingga kurang ada waktu untuk orang tua dapat datang dalam undangan TPA Sekar Nagari. Berdasarkan simpulan tersebut disarankan: (1) bagi lembaga, (a) diharapkan semua komponen yang ada di TPA Sekar Nagari diharapkan dapat mampu melaksanakan perannya dengan baik, sehingga terciptalah suasana yang harmonis dan dipercaya oleh masyarakat; (b) pihak lembaga diharapkan segera mungkin untuk mengurus pembangunan ruangan dengan pihak yang membantu (2) bagi pengasuh; (a) pengasuh dan anak asuh perlu adanya jalinan yang akrab; tanpa mengurangi kewibawaan pengasuh, (b) pengasuh hendaknya banyak mengetahui kejiwaan anak; sehingga mudah dalam menghadapi berbagai problem anak; pengasuh kendaknya kreatif dalam mengajar, menggunakan alat dan memanfaatkan ruangan yang ada sehingga ruangan yang sempit tidak lagi menjadi kekurangan bagi lembaga. (3) bagi orang tua anak asuh. (a) diharapkan orang tua tetap dapat menjaga komunikasi orang tua dengan anak; (b) hormatilah pengasuh.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi; Tempat Pengasuhan Anak; Orang Tua
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 17:58
Last Modified: 20 Jul 2016 17:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23549

Actions (login required)

View Item View Item