PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BLOG TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH PELENGKAP BUSANA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA BUSANA


Yuniar Rachmawati , 5401411001 (2015) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BLOG TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH PELENGKAP BUSANA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA BUSANA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5401411001.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan individu yang diharapkan mampu memberikan pengaruh positif dalam mengarahkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang produktif, terampil, dan mandiri. Perkembangan iptek dalam era globalisasi semakin canggih, penyebaran informasi semakin cepat dengan adanya fasilitas internet di sekitar kampus dapat dimanfaatkan secara maksimal yang diaplikasikan pada media pembelajaran berbasis blog. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis blog terhadap hasil belajar mata kuliah pelengkap busana pada mahasiswa program studi pendidikan tata busana dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media pembelajaran berbasis blog terhadap hasil belajar mata kuliah Pelengkap Busana pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Busana. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa tahun ajaran 2014/2015 Program Studi Pendidikan Tata Busana jurusan PKK FT Unnes yang sedang menempuh mata kuliah Pelengkap Busana sebanyak 2 kelas yang berjumlah 34 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling dan diperoleh rombel 2 sebagai kelas eksperimen yang akan diberi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis blog. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, dan dokumentasi. Data hasil belajar mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Analisis data menggunakan uji t. Hasil uji validitas media yang dilakukan oleh 3 orang expert menyatakan bahwa media layak digunakan dalam penelitian dengan persentase rata – rata 86,11%. Peningkatan hasil belajar mahasiswa yang dihitung menggunakan gain score adalah sebesar 0,43. Hasil analisis uji t yang diperoleh

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Blog, Pelengkap Busana, Hasil Belajar
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 18:04
Last Modified: 20 Jul 2016 18:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23469

Actions (login required)

View Item View Item