PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS XI SMA TEUKU UMAR SEMARANG


Nur Utami , 5302411156 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS XI SMA TEUKU UMAR SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411156.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMA Teuku Umar Semarang diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih rendah, sehingga hasil belajar siswa kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada/tidaknya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran TIK dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction, untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction dan untuk mengetahui ada/tidaknya pegaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen, sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan model desain Pretest Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, siswa kelas XI IPS 1 terpilih sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPS 2 terpilih sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Sedangkan analisis data hasil penelitian menggunakan analisis aktivitas siswa, uji normalitas, uji homogenitas, uji t, uji gain, uji regresi dan korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 55,18 dan nilai rata-rata posttest adalah 75,54, ini berarti terjadi peningkatan sebesar 20,36. Sedangkan untuk kelas control nilai rata-rata pretest 53,52 dan nilai rata-rata posttest sebesar 65,19, ini berarti terjadi peningkatan sebesar 11,67. Berdasarkan uji-t didapatkan thitung > ttabel, yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil pengamatan aktifitas siswa pada kelas eksperimen diperoleh ratarata persentase keaktifan siswa sebesar 75,62% yang termasuk kedalam kategori sangat aktif, sedangkan pada kelas control diperoleh rata-rata persentase keaktifan siswa 64,17% yang termasuk dalam kategori aktif. Berdasarkan paparan diatas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Instrction dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas XI SMA Teuku Umar Semarang. Dalam menerapkan model pembelajaran (PBI) diperlukan manajemen waktu yang baik serta diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menerapkan model pembelajaran (PBI) pada materi pelajaran TIK yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Instruction, keaktifan, hasil belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 18:00
Last Modified: 20 Jul 2016 18:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23457

Actions (login required)

View Item View Item