PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR TIK DI SMA N 1 REMBANG


Ardhan Rachmat Fauji , 5302411077 (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR TIK DI SMA N 1 REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411077.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, didapatkan informasi bahwa penggunaan kurikulum sudah berganti ke Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) setelah sebelumnya menggunakan Kurikulum Tahun 2013 sehingga menjadikan proses belajar mengajar masih mempertahankan model mengajar yang konvensional yaitu guru terlalu banyak menerangkan materi melalui ceramah dengan menempatkan siswanya hanya sebagai penerima saja. Hal ini menjadikan siswa menjadi kurang berminat selama mengikuti pembelajaran, kurang berani mengemukakan pendapatnya dan hasil belajar siswa juga tidak maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar TIK kelas XI SMA N 1 Rembang, Purbalingga dengan menggunakan metode Student Facilitator And Explaining. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA N 1 Rembang, Purbalingga tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes evaluasi untuk ranah kognitif, angket minat dan lembar observasi untuk ranah afektif dan psikomotorik. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest minat belajar pada siklus I sebesar 51 yang termasuk dalam kategori sedang dengan prosentase 77% secara klasikal. Adapun nilai rata-rata posttest minat belajar pada siklus II meningkat sebesar 61,5 yang termasuk dalam kategori tinggi dengan prosentase 73,07% secara klasikal. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar ranah kognitif pada siklus I sebesar 78,46 dengan ketuntasan klasikal sebesar 80,77%. Nilai rata-rata hasil belajar ranah kognitif pada siklus II sebesar 87,31 dengan ketuntasan klasikal sebesar 96,15%. Nilai rata-rata hasil belajar ranah afektif pada siklus I sebesar 69,23 dengan ketuntasan klasikal sebesar 61,5%. Nilai rata-rata hasil belajar ranah afektif pada siklus II sebesar 80 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%. Nilai rata-rata hasil belajar ranah psikomotorik pada siklus I sebesar 68,59 dengan ketuntasan klasikal sebesar 61,54%. Nilai rata-rata hasil belajar ranah psikomotorik pada siklus II sebesar 81,41 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui metode pembelajaran SFAE dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, metode SFAE dapat dijadikan alternatif untuk memvariasikan metode pembelajaran sehingga dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE), Minat, Hasil Belajar, TIK
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 17:59
Last Modified: 20 Jul 2016 17:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23450

Actions (login required)

View Item View Item