KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) PADA HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 01 NGRAMPAL KABUPATEN SRAGEN


Fera Aulia’a Wati , 5302411065 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) PADA HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 01 NGRAMPAL KABUPATEN SRAGEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411065.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang berlangsung di SMP Negeri 01 Ngrampal menggunakan metode lama yaitu metode ceramah. Pembelajaran ini membuat siswa menjadi pasif sehingga siswa menjadi kurang dapat mengemukakan ide dan pendapat mereka. Guru jarang menanyakan kepada siswa akan pemahaman konsep materi pembelajaran yang disampaikan ditambah dengan keadaan siswa yang enggan bertanya kepada guru walau siswa tersebut tidak paham. Hal tersebut berdampak pada hasil ulangan siswa yang jauh dari batas KKM. Bedasarkan hal tersebut perlu diterapkan metode yang dapat meningkatkan pemahaman siswa dan hasil belajar seperti metode pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Tujuan penelitian untuk mengetahui keefektifan dari metode pembelajaran TTW terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok pengenalan perangkat lunak pengolah kata. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan bentuk desain peelitian true experimental experimental design. Teknik pengambilan data menggunakan posttest only control design yang dilakukan pada akhir pembelajaran satu kade. Jumlah populasi yang ada sebanyak 164 yang terdiri dari 5 kelas. Kelas A digunkan sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 dan kelas B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 33. Hasil akhir dari penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa memiliki perbedan dimana rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Prosentase ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran TTW lebih tinggi daripada prosentase ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran yang digunakan oleh guru di SMP N 1 Ngrampal dengan prosentase lebih dari 70%, sehingga pembelajaran dapat dikatakan efektif. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti, penelitian bisa menjadi bahan masukan untuk memperbaiki pembelajaran, pengelolaan kelas dapat ditingkatkan, menambah metode pembelajaran inovatif lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Think Talk Write (TTW), TIK, Efektif
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 17:57
Last Modified: 20 Jul 2016 17:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23448

Actions (login required)

View Item View Item