GAME EDUKASI ANDROID SEBAGAI FASILITAS PENGENALAN BILANGAN UNTUK ANAK USIA DINI
Devi Astri Nawangnugraeni , 5302411008 (2015) GAME EDUKASI ANDROID SEBAGAI FASILITAS PENGENALAN BILANGAN UNTUK ANAK USIA DINI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran pengenalan bilangan pada anak usia dini memerlukan sebuah fasilitas media permainan yang mendidik, salah satunya yaitu game edukasi. Game edukasi pengenalan bilangan yang saat ini sudah ada masih terdapat kekurangan yaitu belum menerapkan elemen game seperti tidak adanya tantangan dan outcomes, sehingga dikembangkan sebuah game edukasi pengenalan bilangan yang menerapkan elemen game. Game ini bertujuan sebagai fasilitas pembelajaran pengenalan bilangan yang dapat meningkatkan hasil belajar pada anak usia dini. Penelitian dan pengembangan game ini dimulai dengan membuat desain diagram UML, desain antarmuka, desain animasi dan desain audio. Setelah pembuatan desain game maka menentukan kebutuhan software dan hardware, kemudian membuat objek 2D pada aplikasi Adobe Flash CS6 sesuai dengan desain interface. Objek 2D yang telah dibuat maka diberikan animasi dan audio. Pembuatan animasi pada objek 2D menggunakan transformasi translasi dan penskalaan, untuk memberikan aksi pada objek 2D tersebut menggunakan ActionScript 3.0. Uji coba game dilakukan pada siswa KBIT. Pengembangan game ini menghasilkan sebuah game edukasi Android yang terdiri dari tutorial dan permainan tentang pengenalan bilangan dengan menerapkan elemen game. Hasil uji coba menunjukkan kenaikan nilai rata-rata pretest dan posttest pada kelompok eksperimen adalah 52 dan kelompok kontrol 32, dan hasil uji Gain pada kelompok eksperimen adalah 0,77 (kategori tinggi) dan kelompok kontrol adalah 0,48 (kategori sedang). Hasil tersebut menunjukkan bahwa game edukasi Android dapat digunakan sebagai fasilitas media pembelajaran pengenalan bilangan untuk anak usia dini. Berdasarkan penelitian dan pengembangan di atas telah dihasilkan sebuah game edukasi sebagai fasilitas media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar pengenalan bilangan pada anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | game edukasi, android, pengenalan bilangan, anak usia dini, media pembelajaran |
Subjects: | T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1 |
Depositing User: | Users 23382 not found. |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 17:55 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 17:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23440 |
Actions (login required)
View Item |