HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR SISWA JURUSAN TEKNIK BANGUNAN DI SMK NEGERI 1 BLORA TAHUN AJARAN 2014/2015


Listiyani , 5101409086 (2015) HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR SISWA JURUSAN TEKNIK BANGUNAN DI SMK NEGERI 1 BLORA TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101409086.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Semakin berkembang pesatnya teknologi sekarang ini perpustakaan sekolah diharapkan tidak hanya menyediakan buku bacaan tetapi juga mampu menyediakan bahan audio visual dan multimedia serta akses internet. Adapun beberapa faktor mempengaruhi diantaranya kemudahan atau fasilitas yang tersedia untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Kelengkapan fasilitas belajar di perpustakaan terkadang mempengaruhi motivasi dan keaktifan siswa berkunjung ke perpustakaan sekolah. Namun dari data yang diambil di SMK Negeri 1 Blora tahun 2013 frekuensi kunjungan siswa ke perpustakaan dan pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh siswa dari bulan juli sampai desember mengalami penurunan. Dengan uraian tersebut di atas muncul rumusan masalah yaitu adakah hubungan antara pemanfaatan perpustakaan dengan hasil belajar siswa jika ada seberapa besar hubungannya. Populasi dalam penelitian ini adalah sejumlah 202 siswa dan untuk sampel dari 202 siswa didapat 136 siswa dengan menggunakan table Krejcie dan Morgan. Untuk Variabel bebas yang diungkap melalui beberapa indikator antara lain tujuan ke perpustakaan yang meliputi peran perpustakaan, frekuensi tugas, pemanfaatan koleksi, kualitas dan intensitas kunjungan ke perpustakaan. Sedangkan untuk variabel terikatnya adalah rata-rata nilai raport hasil ulangan satu semester. Untuk pengambilan data digunakan metode angket, metode dokumentasi, metode observasi dan metode wawancara. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif prosentase, uji normalitas data dengan Kolmogorov Smirnov yang dibantu program SPSS, dan juga uji hipotesis dengan analisis korelasi. Simpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara keaktifan memanfaatkan perpustakaan dengan hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Blora. Besarnya korelasi mencapai 0,643 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti semakin tinggi pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar semakin tinggi pula hasil belajar siswa begitu juga sebaliknya. Adapun saran untuk pihak yang sekolah untuk bisa memperbaiki manajemen perpustakaan secara maksimal sehingga meningkatkan aktivitas berkunjung ke perpustakaan yang akan berkontribusi meningkatkan pengetahuan siswa yang akhirnya berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hubungan, Pemanfaatan, Perpustakaan, Hasil Belajar
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, D3
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 17:56
Last Modified: 20 Jul 2016 17:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23428

Actions (login required)

View Item View Item