PEMBELAJARAN INOVATIF BAHASA INDONESIA MELALUI ALIH MEDIA BUKU PELAJARAN KURIKULUM 2013
Widyartono, Didin (2014) PEMBELAJARAN INOVATIF BAHASA INDONESIA MELALUI ALIH MEDIA BUKU PELAJARAN KURIKULUM 2013. In: SEMINAR NASIONAL ”KONSERVASI DAN PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA”, 22 Maret 2014, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Available under License Creative Commons Attribution. Download (211kB) | Preview |
Abstract
Seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, dapat dilakukan inovasi pembelajaran. Inovasi pembelajaran dapat dilakukan pada tataran kurikulum, strategi pembelajaran, evaluasi, hingga pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan memanfaatkannya, kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia dapat dilakukan secara inovatif. Fokus penelitian ini adalah kegiatan pengembangan dengan alih media buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa dalam kurikulum 2013. Kegiatan pengembangan dilakukan secara terbatas. Metode pengembangan yang digunakan adalah tahap rancang dan desain. Tahap rancang terdiri atas terdiri atas pengobservasian awal dan penetapan kebutuhan siswa, sedangkan tahap desain terdiri atas penetapan perangkat lunak alih media dan pelaksanaan alih media buku pelajaran cetak ke elektronik. Hasil pengembangan berupa produk buku elektronik yang belum dilakukan uji coba dan uji ahli. Produk ini berbentuk e-Pub yang ukuran hurufnya dapat menyesuaikan dengan ukuran layar. Hal ini berbeda dengan format PDF. Selain itu, dengan format e-Pub bukan hanya teks dan gambar saja yang bisa disajikan, melainkan juga animasi, audio, dan audio-visual. Dengan alih media ini diharapkan buku pelajaran Bahasa Indonesia lebih menarik dan sesuai dengan karakter siswa.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | UNSPECIFIED |
Depositing User: | Repository Universitas Negeri Semarang |
Date Deposited: | 08 Feb 2016 12:24 |
Last Modified: | 08 Feb 2016 12:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23403 |
Actions (login required)
View Item |