PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE LEARNING SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI HUKUM GRAVITASI NEWTON UNTUK SISWA SMA


Prasetyo Listiaji , 4201410048 (2015) PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE LEARNING SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI HUKUM GRAVITASI NEWTON UNTUK SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201410048.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang dinilai sukar dan tidak disukai oleh siswa kerena materi yang padat, banyak menghitung, dan pembelajaran di kelas yang tidak kontekstual atau terkesan abstrak. Salah satu materi fisika yang bersifat abstrak adalah hukum gravitasi Newton karena berhubungan dengan benda-benda langit yang tidak mungkin dihadirkan di kelas. Keterbatasan waktu pembelajaran di kelas juga menjadi kendala karena mengharuskan siswa untuk mempelajari kembali pelajaran yang sudah didapatkannya. Suatu media penujang dan alternatif sumber belajar yang bersifat mobile dirasa perlu dikembangkan sehingga selain bisa membantu memodelkan konsep-konsep fisika yang bersifat abstrak, juga memberikan fasilitas kepada siswa untuk bisa belajar mandiri kapanpun dan dimanapun. Kemajuan teknologi dalam bidang perangkat mobile sangat mendukung akan hal ini. Perkembangan smartphone Android yang begitu pesat menjadi potensi yang besar untuk dimanfaatkan sebagai media penunjang pembelajaran yang bersifat mobile (mobile learning). Pada penelitian ini dikembangkan suatu aplikasi mobile learning sebagai penunjang pembelajaran fisika pada materi hukum gravitasi Newton untuk siswa SMA. Penelitian ini tergolong dalam penelitian pengembangan atau research and development. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan instruksional sistem atau ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Produk aplikasi yang dihasilkan kemudian diberi nama M-Grav dan diujikan kepada 4 kelompok responden sesuai dengan alur penelitian yaitu ahli materi, ahli media, guru, dan siswa. Terdapat 3 aspek yang diujikan antara lain rekayasa perangkat lunak, desain pembelajaran, dan komunikasi visual. Dari hasil pengujian diperoleh nilai persentase kelayakan aplikasi M-Grav secara umum adalah sebesar 85,60%. Berdasarkan hasil tersebut maka aplikasi ini layak digunakan sebagai penunjang pembelajaran fisika pada materi hukum gravitasi Newton.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, aplikasi mobile learning, hukum gravitasi Newton, smartphone Android
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2016 16:10
Last Modified: 04 Feb 2016 16:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23376

Actions (login required)

View Item View Item