ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MATEMATIKA PADA SISWA SMP KELAS VIII
Ahmad Badawi , 4101411100 (2015) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MATEMATIKA PADA SISWA SMP KELAS VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (7MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk dimiliki oleh seorang siswa. Hal ini karena kemampuan berpikir kritis erat kaitannya dengan berpikir kreatif dan menjadikan seorang siswa lebih mandiri. Kemampuan berpikir kritis ini juga berkaitan erat dengan pembelajaran matematika, yang dapat melatih kemampuan tersebut. Aljabar sebagai salah satu materi yang harus dikuasai siswa merupakan salah satu topik yang dianggap penting di berbagai negara maju. Berpikir aljabar merupakan representasi dari aktivitas/kemampuan dalam mempelajari aljabar sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan generasional, transformasional, dan level-meta global, yang merupakan klasifikasi aktivitas berpikir aljabar menurut Kieran, pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Semarang dan SMP Negeri 41 Semarang. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui karakteristik kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di kedua sekolah berdasarkan kemampuan berpikir aljabarnya. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes kemampuan berpikir aljabar dan tes kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas penelitian. Selanjutnya berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir aljabar, siswa dikelompokkan berdasarkan kemampuan berpikir aljabar mereka yang terdiri dari kelompok tingkat tinggi, kelompok tingkat sedang, dan kelompok tingkat rendah. Dari masing-masing kelompok tersebut dipilih dua subjek sebagai perwakilan untuk diwawancara lebih lanjut terkait kemampuan berpikir aljabar dan kemampuan berpikir kritis mereka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) siswa pada kelompok tingkat tinggi mempunyai kemampuan generasional, transformasional, dan level-meta global yang cenderung tinggi, serta kemampuan berpikir kritis yang baik; (2) siswa pada kelompok tingkat sedang mempunyai kemampuan generasional yang cenderung tinggi, kemampuan transformasional yang rendah sampai tinggi, dan kemampuan level-meta global yang rendah sampai sedang, serta kemampuan berpikir kritis yang cukup baik; (3) siswa pada kelompok tingkat rendah mempunyai kemampuan generasional yang rendah sampai sedang, kemampuan transformasional yang cenderung rendah, dan kemampuan level-meta global yang rendah sampai sedang, serta mempunyai kemampuan berpikir kritis yang cukup baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas berpikir aljabar Kieran, kelompok berpikir aljabar, kemampuan berpikir kritis. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Users 23382 not found. |
Date Deposited: | 04 Feb 2016 16:09 |
Last Modified: | 04 Feb 2016 16:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23367 |
Actions (login required)
View Item |