PENGEMBANGAN PERMAINAN KATASEBO DALAM PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA BESAR UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI NGALURAN 01 KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK TAHUN 2015


Nurhadi , 6101411091 (2015) PENGEMBANGAN PERMAINAN KATASEBO DALAM PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA BESAR UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI NGALURAN 01 KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN PERMAINAN KATASEBO DALAM PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA BESAR UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI NGALURAN 01 KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK TAHUN 2015   ]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN PERMAINAN KATASEBO DALAM PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA BESAR UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI NGALURAN 01 KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK TAHUN 2015 ) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran permainan bola besar yang masih terpaku pada teknik dasar tanpa adanya aplikasi ke dalam bentuk permainan yang sebenarnya, dan terbatasnya sarana prasarana, sehingga siswa dikhawatirkan akan merasa cepat bosan, monoton, terbatasnya pola gerak siswa yang pada akhirnya berpengaruh pada tingkat penguasaan keterampilan geraknya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pengembangan permainan bola besar katasebo dapat meningkatkan aktivitas gerak siswa dalam pembelajaran permainan bola besar pada siswa kelas IV SD Negeri Ngaluran 01 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa pengembangan permainan bola besar katasebo dalam pembelajaran permainan bola besar bagi siswa kelas IV SD Negeri Ngaluran 01 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak. Metode penelitian yang digunakan yaitu: (1) melakukan penelitian dan pengumpulan data (research and information) yang didapat dari hasil pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) perencanaan (planning), (3) pengembangan draf produk, (4) uji coba lapangan awal (uji coba skala kecil) uji coba skala kecil dengan menggunakan 16 subyek uji coba, satu ahli penjas, dan satu ahli pendidikan jasmani. Selama uji coba diadakan pengamatan dan pengedaran angket atau kuesioner bagi ahli pendidikan jasmani maupun subyek, (5) revisi uji skala kecil berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil yang digunakan untuk perbaikan dan penyempurnaan terhadap produk awal, (6) uji coba lapangan skala besar yaitu dengan 41 subyek uji coba, (7) penyempurnaan produk akhir (final produk reversion), (8) implementasi yaitu melaporkan hasil dalam bentuk pengolahan data kuesioner atau angket. Dari hasil rata-rata validasi ahli pada uji coba pra skala kecil didapat persentase sebesar 80,71% (baik). Hasil rata-rata kuesioner siswa pada uji coba skala kecil didapat persentase sebesar 88,12% (baik). Dari hasil rata-rata validasi ahli pada uji coba skala kecil didapat persentase sebesar 92,85% (sangat baik). Hasil rata-rata kuesioner siswa pada uji coba lapangan didapat persentase sebesar 88,04% (baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model permainan bola besar katasebo ini dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran permainan bola besar bagi siswa kelas IV SD Negeri Ngaluran 01 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak. Saran bagi guru penjasorkes di sekolah dasar dapat menggunakan produk model permainan bola besar katasebo sebagai alternatif dalam menyampaikan materi pembelajaran penjasorkes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, permainan bola besar, katasebo
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Feb 2016 14:35
Last Modified: 03 Feb 2016 14:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23355

Actions (login required)

View Item View Item