PENGEMBANGAN SPRINT GAWANG UNTUK MENUMBUHKAN KEBERANIAN, KESENANGAN DAN PERCAYA DIRI DALAM PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SD N 2 SIDODADI KECAMATAN PATEAN KABUPATEN KENDAL
Kiki Listiyani , 6101411008 (2015) PENGEMBANGAN SPRINT GAWANG UNTUK MENUMBUHKAN KEBERANIAN, KESENANGAN DAN PERCAYA DIRI DALAM PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SD N 2 SIDODADI KECAMATAN PATEAN KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN SPRINT GAWANG UNTUK MENUMBUHKAN KEBERANIAN, KESENANGAN DAN PERCAYA DIRI DALAM PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SD N 2 SIDODADI KECAMATAN PATEAN KABUPATEN KENDAL )
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Setiap cabang olahraga memerlukan keterampilan, keberanian, kesenangan dan percaya diri tertentu dalam melakukan, agar hasilnya bisa maksimal. Namun kenyataannya tidak semua siswa memiliki keberanian, kesenangan dan percaya diri dalam melakukan gerak dalam cabang olahraga sprint gawang. Kesulitan yang dialami siswa yaitu; 1) ukuran tinggi gawang 50 cm menjadikan anak takut untuk melewati gawang tersebut, 2) siswa kesulitan melewati semua gawang karena jarak antar gawang 6 m yang terlalu jauh, 3) siswa merasa tidak percaya diri saat melakukan sprint gawang sehingga mengubah pola langkah, 4) lantai yang beralaskan paving menjadikan anak takut jatuh saat melewati gawang karena jatuh di paving lebih sakit daripada di lapangan yang berumput , 5) siswa kurang percaya diri sehingga saat berlari akan melewati gawang tiba-tiba berhenti di depan gawang karena takut gawang tersebut akan tertabrak lalu roboh. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pengembangan sprint gawang untuk menumbuhkan keberanian, kesenangan, dan percaya diri dalam pembelajaran pada siswa kelas IV SD N 2 Sidodadi Kecamatan Patean Kabupaten Kendal?”. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat pengembangan untuk menumbuhkan keberanian, kesenangan, dan percaya diri dalam pembelajaran sprint gawang pada siswa kelas IV SD N 2 Sidodadi Kecamatan Patean Kabupaten Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk meliputi analisis produk yang akan diciptakan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba kelompok kecil dan revisi, uji coba kelompok besar dan produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli, serta menggunakan hasil pengamatan di lapangan yang diperoleh dari siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Dari hasil pengamatan siswa berani melakukan melakukan sprint gawang karena menggunakan gawang yang terbuat dari sponge yang tingginya 40 cm. Siswa juga merasa senang karena modifikasi permainan sprint gawang. Data hasil penelitian keberanian 26,82%, kesenangan 26,56% dan percaya diri 22,40%. Berdasarkan data hasil penelitian, disimpulkan bahwa pengembangan media sponge dan model permainan sprint gawang (Kid’s Athletics) sesuai dengan karakteristik siswa kelas IV Sekolah Dasar yang sangat aktif bergerak dan senang bermain sehingga dapat dapat menumbuhkan keberanian, kesenangan, dan percaya diri dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani pada siswa Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Keberanian, Kesenangan, Percaya Diri, Sprint Gawang |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 02 Feb 2016 13:27 |
Last Modified: | 02 Feb 2016 13:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23307 |
Actions (login required)
View Item |