PERKEMBANGAN KURIKULUM MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA PADA MASA BERLAKUNYA CBSA HINGGA KTSP DI KABUPATEN PEMALANG
RizkiPuji Lestari , 3101411075 (2015) PERKEMBANGAN KURIKULUM MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA PADA MASA BERLAKUNYA CBSA HINGGA KTSP DI KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Dalam perjalanan pembelajaran sejarah telah mengalami berbagai perubahan seiring dengan perubahan kurikulum.Perubahan yang berlangsung sejak di berlakukannya CBSA hingga KTSP. Tetapi dalam dunia nyata perubahan kurikulum belum membawa perubahan dalam semua bidang seperti halnya dalam proses pengajaran dan pembagian waktu. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui perjalanan kurikulum pada mata pelajaran sejarah di SMA dalam pertumbuhan dan perkembangan sejak berlakunya CBSA hingga KTSP.2) Untuk mengetahui penerapan kurikulum pada mata pelajaran sejarah di SMA sejak belakunya CBSA hingga KTSP.3) Untuk mengetahui adanya perubahan dan yang tetap dalam kurikulum pelajaran sejarah di SMA sejak berlakunya CBSA hingga KTSP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode penelitian sejarah dengan menggunakan cara Heuristik,Kritiksumber, Historiografi dan Interpretasi. Penelitian dilakukan di empat SMA yaitu SMA Negeri 1 Pemalang, SMA Negeri 1 Petarukan, SMA Negeri 1 Comal dan SMA N 1 Ulujami.Yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah guru-guru sejarah. Sumber data dilakukan dengan cara studi lapangan,wawancara,studi pustaka, studi dokumen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan mengenai perkembangan kurikulum mata pelajaran sejarah di SMA pada masa berlakunya CBSA hingga KTSP menunjukan terjadi perubahan-perubahan dan pembaharuan disetiap perubahan kurikulum khususnya saat pergantian kurikulum sejak belakunya CBSA ke KBK. Tetapi dalam perubahan dari kurikulum KBK ke KTSP, tidak terlalu banyak perbedaan, dapat dibilang sama karena mengingat jarak waktu dalam perubahan kurikulum tersebut hanya terpaut 2 tahun. Dalam implementasinya dari setiap perubahan kurikulum sejak berlakunya CBSA– KTSP khususnya dalam pembelajaran sejarah guru lebih banyak menyukai dengan kurikulum KTSP karena KTSP sesuai dengan kondisi daerah dan kondisi sekolahan yang seseungguhnya. Dalam perubahannya dalam bentuk waktu dari kurikulum sejak belakunya CBSA hingga KTSP sejarah mengalami banyak perubahan, yang tetap dalam proses mengajar dari dulu saat CBSA hingga KTSP menggunakan metode ceramah. Saran penelitian ini adalah: (1) Dengan adanya tuntutan setiap kurikulum bahwa peserta didik harus dapat mandiri, aktif dan kreatif di harapkan nantinya tidak menjadikan alasan untuk guru bermalas-malasan dalam mengajar.2) Guru harus lebih memperhatikan lagi isi yang terkandung dalam kurikulum yang berlaku.3) Guru tidak hanya mengejar materi namun juga pemahaman peserta didik mengenai pembelajaran sejarah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum, Pembelajaran Sejarah |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Users 23382 not found. |
Date Deposited: | 02 Feb 2016 12:22 |
Last Modified: | 02 Feb 2016 12:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23275 |
Actions (login required)
View Item |