KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MY OWN DICTIONARY UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN AKTIVITAS SISWA SMA
Yosana Pranti Sayekti , 4201411135 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MY OWN DICTIONARY UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN AKTIVITAS SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MY OWN DICTIONARY UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN AKTIVITAS SISWA SMA )
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Rendahnya hasil yang dicapai dalam evaluasi pembelajaran fisika merupakan salah satu indikator bahwa penguasaan konsep fisika siswa masih rendah. Inovasi terhadap model pembelajaran sangat diperlukan agar penguasaan konsep dan aktivitas siswa dapat meningkat. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) berbantuan My Own Dictionary. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan penguasaan konsep dan aktivitas siswa SMA. Desain penelitian menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi dari penelitian ini adalah kelas X MIA SMA N 1 Lasem. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan terpilih kelas X MIA 1 dan X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Data penelitian penguasaan konsep didasarkan pada skor pretest-posttest. Data tersebut dianalisis dengan uji perbedaan, kesamaan, dan peningkatan rata-rata. Dari hasil uji perbedaan rata-rata diperoleh thitung=2,02 > tTabel=1,99, artinya bahwa rata-rata penguasaan konsep kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Pada uji kesamaan rata-rata pada kelas eksperimen diperoleh thitung=3,17 > tTabel=2,03, artinya bahwa kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar. Selanjutnya, uji peningkatan rata-rata penguasaan konsep siswa kelas eksperimen diperoleh <g>=0,69 dan kelas kontrol diperoleh <g>=0,59. Keduanya masuk dalam kategori sedang. Hal ini disebabkan kedua kelas melakukan percobaan jadi siswa menemukan sendiri konsep fisika yang membuat pembelajaran lebih bermakna. Data penelitian aktivitas siswa diperoleh dengan menggunakan teknik nontes berupa lembar observasi aktivitas siswa. Dari hasil analisis uji peningkatan ratarata kelas eksperimen diperoleh <g>=0,32 (sedang) dan kelas kontrol diperoleh <g>=0,28 (rendah). Hal ini disebabkan pada kelas eksperimen siswa lebih aktif mencari pemecahan masalah dalam menemukan konsep dan menggunakan media pembelajaran. Dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran PBL berbantuan My Own Dictionary efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep dan aktivitas siswa SMA.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem-Based Learning, Penguasaan Konsep Siswa, Aktivitas Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 01 Feb 2016 11:34 |
Last Modified: | 01 Feb 2016 11:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23258 |
Actions (login required)
View Item |