PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE DAN KONVENSIONAL MATERI KEBEBASAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT MAPEL PKn KELAS VII MTs NU Ungaran Semarang


Fajar Adi Wijayanto , 3301411071 (2015) PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE DAN KONVENSIONAL MATERI KEBEBASAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT MAPEL PKn KELAS VII MTs NU Ungaran Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE DAN KONVENSIONAL MATERI KEBEBASAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT MAPEL PKn KELAS VII MTs NU Ungaran Semarang ]
Preview
PDF (PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE DAN KONVENSIONAL MATERI KEBEBASAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT MAPEL PKn KELAS VII MTs NU Ungaran Semarang ) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Belajar merupakan suatu proses yang menimbulkan terjadinya suatu perubahan atau pembaharuan dalam tingkah laku dan kecakapan. Akan tetapi kenyataannya proses belajar pada mapel PKn di MTs NU Ungaran, Kabupaten Semarang banyak mengalami hambatan. Seperti peserta didik cenderung pasif saat pembelajaran. Peserta didik kurang memperhatikan materi yang diajarkan dan saat diberi latihan soal banyak peserta didik yang belum bisa menjawab. Untuk mengatasi permasalahan tersebut guru menerapkan kooperatif tipe scramble yang merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif mudah diterapkan dan melibatkan keaktifan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui strategi belajar-mengajar model scramble dalam materi kebebasan berpendapat pada peserta didik kelas VII MTs NU Ungaran. (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar antara penerapan model scramble dan konvensional dalam materi kebebasan berpendapat pada peserta didik kelas VII MTs NU Ungaran. Desain penelitian ini menggunakan True Experimental Design dengan bentuk Pretest dan Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII terdiri dari lima kelas dengan jumlah 176 peserta didik. Terbagi menjadi 5 kelas yaitu kelas VII A berjumlah 32 peserta didik, VII B berjumlah 38 peserta didik, VII C berjumlah 36 peserta didik, VII D berjumlah 37 peserta didik, VII E berjumlah 37 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang dipakai meliputi dokumentasi dan tes. Analisis data penelitian menggunakan bantuan SPSS 20 dengan uji paired-sample t test dan uji independent-sample t test. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Dalam pelaksanaan strategi belajar mengajar metode kooperatif tipe scramble, pertama guru menyajikan materi setelah itu membagi peserta didik mejaadi beberapa kelompok yang beranggotakan 4 sampai 5orang dan menjelaskan peraturan permainan. Selajutnya guru membagikan papan scramble beserta kartunya untuk dicocokkan dan menulis jawaban yang benar. Setelah melakukan diskusi. Setiap kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasilnya. Setelah prsentasi kelompok selesai guru meluruskan jawaban peserta didik yang kurang tepat. Dengan metode ini guru membatu peserta didik lebih mudah memahami materi dan melatih peserta didik lebih aktif sehingga mendapat hasil belajar yang memenuhi KKM. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan pada materi pokok kebebasan mengemukakan pendapat pada kelas eksperimen dan kontrol. Data yang diperoleh adalah (thitung ix = 9.605 > 1.66) pada taraf signifikan 0.05, artinya (thitung > ttabel), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Saran yang diberikan penulis adalah: (1) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe scramble pada tahap pembagian kelompok harus memperhatikan waktu pembelajaran, agar waktu pembelajaran berjalan efektif. (2) Sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble hendaknya guru memahami komponen model pembelajaran kooperatif tipe scramble dan merencanakan pembelajaran yangakan dilaksanakan dengan baik sehingga dapat berlangsung sesuai harapan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe Scramble, Konvensional, dan Kebebasan Mengemukakan Pendapat
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 28 Jan 2016 12:54
Last Modified: 28 Jan 2016 12:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23241

Actions (login required)

View Item View Item