KOMPARASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS-VIII ANTARA PEMBELAJARAN MODEL TAI DAN CIRC


Fery Widhiatmoko , 4101410037 (2014) KOMPARASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS-VIII ANTARA PEMBELAJARAN MODEL TAI DAN CIRC. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KOMPARASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS-VIII ANTARA PEMBELAJARAN MODEL TAI DAN CIRC ]
Preview
PDF (KOMPARASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS-VIII ANTARA PEMBELAJARAN MODEL TAI DAN CIRC ) - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelas yang dikenai pembelajaran Team Assisted Individualization, pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition, dan pembelajaran ekspositori dapat mencapai ketuntasan pada aspek kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dengan sub materi pokok luas permukaan dan volum kubus dan balok, perbedaan rata-rata kemampuan pemechana maslaah matematis peserta didik yang dikenai pembelajaran Team Assisted Individualization, pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition, dan pembelajaran ekspositori pada sub materi pokok luas permukaan dan volum kubus dan balok, serta untuk mengetahui rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis mana yang lebih baik antara rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis yang dikenai pembelajaran Team Assisted Individualization, pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition, atau pembelajaran ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP N 1 Wedarijaksa Kabupaten Pati. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang terpilih ada tiga kelas yaitu kelas eksperimen 1, eksperimen 2, dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data meliputi metode tes dan metode observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji proporsi, uji kesamaan tiga rata-rata dan uji lanjut. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa kelas yang dikenai pembelajaran Team Assisted Individualization, pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition, dan pembelajaran ekspositori pada aspek kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik mencapai ketuntasan individual dan klasikal. Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang dikenai pembelajaran Team Assisted Individualization tidak berbeda jauh dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas yang dikenai pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition, rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang dikenai pembelajaran Team Assisted Individualization dan Cooperative Integrated Reading and Composition lebih dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas yang dikenai pembelajaran ekspositori. Persentase keaktifan peserta didik yang dikenai pembelajaran Team Assisted Individualization dan Cooperative Integrated Reading and Composition mencapai kriteria sangat aktif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Team Assisted Individualization; Cooperative Integrated Reading and Composition; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 28 Jan 2016 10:31
Last Modified: 28 Jan 2016 10:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23214

Actions (login required)

View Item View Item