PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA TERPADU BERBASIS LITERASI SAINS BERTEMA APLIKASI GAYA DALAM KEHIDUPAN
Ika Maulita , 4201411037 (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA TERPADU BERBASIS LITERASI SAINS BERTEMA APLIKASI GAYA DALAM KEHIDUPAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (7MB) | Preview |
Abstract
Sains sebagai sebuah dasar suatu teknologi ikut berperan dalam permbangunan bangsa. Pendidikan sains di Indonesia telah diberlakukan selama puluhan tahun, namun sampai saat ini masih menuai hasil yang sangat rendah dalam skala internasional. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya literasi sains siswa adalah pemilihan sumber belajar. Bahan ajar merupakan salah satu komponen penting dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa, namun bahan ajar yang beredar saat ini khususnya kelas VIII memiliki muatan literasi sains yang kurang seimbang dengan persentase aspek sains sebagai batang tubuh pengetahuan yang dominan sebesar 65,19% dan aspek yang lainnya sebesar 12,15%, 11,61%, dan 11,05%. Melihat pentingnya peran bahan ajar dan rendahnya muatan literasi sains siswa di Indonesia maka diperlukan pengembangan bahan ajar berbasis literasi sains untuk siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development. Produk dalam penelitian ini adalah bahan ajar IPA terpadu berbasis literasi sains bertema aplikasi gaya dalam kehidupan. Uji coba produk dilaksanakan di SMP Negeri 24 Semarang. Penilaian kevalidan dilakukan oleh pakar ahli, selanjutnya dilakukan uji keterbacaan dan uji keefektifan bahan ajar. Uji keefektifan bahan ajar menggunakan desain prestest-postest control group design. Kelompok eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas VIII C dan sebagai kelompok kontrol adalah kelas VIII E. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang menggunakan bahan ajar IPA terpadu berbasis literasi sains bertema aplikasi gaya dalam kehidupan sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok yang menggunakan bahan ajar yang umum digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan bahan ajar IPA terpadu berbasis literasi sains bertema aplikasi gaya dalam kehidupan mempunyai rerata peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik kelas kontrol yang menggunakan bahan ajar yang umum digunakan. Simpulan yang diperoleh dari hasil post test peserta didik kelas VIII SMP Negeri 24 Semarang pada materi gaya dan Hukum Newton adalah peserta didik yang menggunakan bahan ajar berbasis literasi sains bertema aplikasi gaya dalam kehidupan memiliki peningkatan kognitif, afektif, dan psikomotorik lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik kelas kontrol yang menggunakan bahan ajar yang umum digunakan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahan ajar, IPA terpadu, Literasi Sains, Gaya |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | Users 23382 not found. |
Date Deposited: | 26 Jan 2016 16:17 |
Last Modified: | 26 Jan 2016 16:17 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23171 |
Actions (login required)
View Item |