PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE PADA PRAKTIKUM MANDIRI MATERI MOLLUSCA DAN ARTHROPODA
Fitrianingsih Rahmatika , 4401410004 (2014) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE PADA PRAKTIKUM MANDIRI MATERI MOLLUSCA DAN ARTHROPODA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE PADA PRAKTIKUM MANDIRI MATERI MOLLUSCA DAN ARTHROPODA)
- Published Version
Download (8MB) | Preview |
Abstract
Proses pembelajaran biologi, tidak cukup hanya dengan menghafal materi yang ada pada bahan ajar saja, tetapi lebih menekankan pada pemberian pengalaman dan praktik untuk mengembangkan kompetensi siswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Tegal diperoleh informasi bahwa bahan ajar biologi yang digunakan berupa buku paket biologi dan referensi internet. Buku ajar biologi kurang menyajikan kegiatan praktikum. Selain itu, siswa belum memanfaatkan lembar kerja siswa (LKS) pada saat pembelajaran Biologi merupakan potensi untuk melakukan pengembangan LKS. Pendekatan konstruktivistik, kontekstual, metode problem solving dan kurikulum 2013 mendasari pengembangan LKS berbasis Model Search, Solve, Create, and Share pada materi Mollusca dan Arthropoda. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan mengetahui efektivitas LKS berbasis Search, Solve, Create, and Share pada materi Mollusca dan Arthropoda. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian Research and Development (R&D), dengan dua uji coba lapangan, yaitu uji coba skala kecil dilaksanakan di MAN Kota Tegal, kelas X.C Semester Genap tahun 2013/2014 dan uji coba skala besar dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tegal, kelas X.IPA.1, X.IPA.3, X.IPA.7 Semester Genap tahun 2013/2014. Sampel uji coba skala besar diambil dengan metode purposive sampling dengan desain penelitian Pretest-Posttest Comparison Group Design. Hasil penilaian ahli terhadap LKS berbasis SSCS menunjukkan LKS hasil pengembangan layak digunakan dalam pembelajaran dengan presentase aspek kelayakan materi memperoleh 75,75% dan kelayakan media 83,9%. Hasil uji coba skala besar menunjukkan bahwa LKS berbasis SSCS efektif dalam pembelajaran. Nilai gain ternormalisasi sebesar 0,62 menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari pretest ke posttest dengan kategori sedang. Rata-rata ketuntasan klasikal siswa mencapai 82,96%. Rata-rata persentase klasikal keterampilan berpikir; aktivitas; dan sikap ilmiah siswa berturut-turut yaitu 77,7%; 77,04%, dan 77,76%. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan LKS berbasis Search, Solve, Create, and Share layak dan efektif diterapkan dalam pembelajaran Mollusca dan Arthropoda.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKS, Model Search, Solve, Create, and Share, Mollusca dan Arthropoda |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QL Zoology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 26 Jan 2016 10:53 |
Last Modified: | 26 Jan 2016 10:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23155 |
Actions (login required)
View Item |